Kebakaran Gunung Kawi di Malang Meluas, 45 Hektare Lahan Terbakar

Kamis, 09 November 2023 - 13:34 WIB
loading...
Kebakaran Gunung Kawi di Malang Meluas, 45 Hektare Lahan Terbakar
Kebakaran di Gunung Kawi Malang terus meluas hingga 45 hektare. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Kebakaran di Gunung Kawi Malang terus meluas. Hingga Kamis (9/11/2023) siang, api dilaporkan belum berhasil dipadamkan tim gabungan yang menuju titik lokasi api.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengungkapkan, bila kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Kawi belum berhasil dipadamkan. Bahkan api dilaporkan tim terus menyebar hingga ke vegetasi satu.

”Belum padam, sebaran api hingga sore kemarin sudah sampai Savana satu, dengan luas kurang lebih 45 hektare,” kata Sadono Irawan kepada wartawan, Kamis (9/11/2023).



Menurut Sadono, vegetasi yang terbakar sebagian besar didominasi oleh cemara gunung dan semak belukar. Hal ini membuat api sulit dikendalikan, ditambah dengan angin di atas cukup serta medan yang sulit dijangkau.

”Vegetasi yang terbakar berupa cemara gunung dan semak belukar. Kondisi lapangan yang ekstrim jurang dan berbukit, serta sulit dijangkau cukup membahayakan keselamatan tim pemadam,” ucapnya.

Hingga siang ini, setidaknya ada kurang lebih 50 personel gabungan yang dikerahkan untuk proses pemadaman api di petak 193 blok Batu Tulis, Gunung Kawi, sisi Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang.



”Hari ini penyisiran dari pal 193 yang terbakar dari bawah sampai ke puncak batu tulis, lanjut ke savana satu. Upaya pemadaman terus dilakukan secara manual dengan jumlah personel kurang lebih 50 orang, serta mempertimbangkan keselamatan jiwa,” jelasnya.

Sebelumnya, kebakaran di Gunung Kawi dilaporkan muncul pada Selasa (7/11/2023) malam sekitar pukul 20.35 WIB. Titik api diketahui muncul di petak 193 Blok Batu Tulis, sisi timur yang masuk Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang.

Petugas gabungan dari BPBD, TNI Polri, dan relawan pun langsung bergerak dengan mengirimkan tim regu pertama pada Rabu (8/11/2023). Regu kedua pun dikirimkan pada Rabu (8/11/2023) sekitar pukul 11.45 WIB.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)