Peringati HKG PKK ke-52, Pj Gubernur Jatim: Laksanakan 10 Program Pokok PKK untuk Dukung Pembangunan

Jum'at, 19 April 2024 - 14:18 WIB
loading...
A A A
Selain itu, diiringi juga dengan penurunan angka pernikahan dini, di mana pada 2021 di Jatim sebesar 10,44 persen, 2022 tercatat 9,46 persen, dan tahun 2023 sebesar 8,86 persen.

"Kita harus menekan terus angka ini, tetapi ini sudah menjadi bukti bahwa Kader PKK Jatim terus melakukan berbagai upaya pemberdayaan keluarga, edukasi terhadap perempuan, serta meningkatkan kualitas pola asuh anak dan remaja dalam rumah tangga," ucapnya.

Pj Gubernur Adhy juga memberikan acungan jempol kepada para kader PKK Jatim atas kepeduliannya membangun kesadaran atas kekerasan dalam rumah tangga, bela negara, dan bidang pola asuh.

"Kami harapkan TP PKK Jatim dapat terus bersinergi dengan berbagai perangkat daerah terkait untuk berbagai program kerjanya, termasuk pencegahan dan penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, juga untuk meningkatkan kesadaran bela negara," tuturnya.

Di akhir acara, dia menyampaikan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 sekaligus menyampaikan harapannya atas kemajuan Jatim yang didukung oleh TP PKK Provinsi Jatim.

"Atas nama pribadi dan Pemprov Jatim kami menyampaikan selamat Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-52. Semoga gerakan PKK di Jawa Timur semakin sukses dengan prestasi-prestasi dan inovasi program yang bermanfaat bagi masyarakat, keluarga, dan kader-kader PKK di desa/kelurahan. Sehingga, kita bisa bergerak bersama PKK mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula penghargaan hasil observasi lapangan Pilot Project Gerakan Keluarga Sehat Tanggap Tangguh Bencana Tahun 2023 untuk empat kategori.

Pertama, kategori stunting diberikan kepada TP PKK Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Ngawi. Selanjutnya, kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada TP PKK Kabupaten Blitar, kategori Peduli Kesehatan Ibu dan Anak kepada TP PKK Kabupaten Kediri, dan kategori Siaga Kebakaran Lingkungan kepada TP PKK Kota Surabaya. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Periode 2019-2024 Arumi Bachsin Emil Dardak.

Selain itu, diserahkan pula penghargaan Jambore Nasional Kader PKK tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2024. Terdapat enam lomba dalam jambore ini, antara lain lomba Budaya Parade Nusantara yang dimenangkan oleh TP PKK Kabupaten Jember, lomba Paduan Suara PKK dimenangkan oleh TP PKK Kabupaten Kediri, dan lomba Cerdas Cermat PKK dimenangkan TP PKK Kabupaten Madiun.

Selanjutnya, lomba Kreasi Jingle Gelari Pelangi diraih oleh TP PKK Kabupaten Pacitan, lomba Memasak Menu Pangan Lokal Sumber Karbohidrat non Beras dimenangkan oleh TP PKK Kota Kediri, dan lomba Kreasi Senam 6 Langkah Cuci Tangan dimenangkan TP PKK Kabupaten Madiun. Piagam penghargaan ini diserahkan oleh Pj Ketua TP PKK Jatim Isye Adhy Karyono kepada para pemenang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)