Kisah Renovasi Masjid Eks Pasukan Diponegoro Temukan Bekas Peninggalan Kerajaan Singasari

Rabu, 20 Maret 2024 - 08:47 WIB
loading...
A A A


Akhirnya masjid tertua itu pun diputuskan direnovasi dengan penambahan atap di lantai dua untuk menampung jamaah. Konstruksi pun didesain sedemikian rupa dengan menggunakan 41 pondasi.

Satu pondasi untuk menara ditanam sedalam tiga meter, sedangkan lainnya ditanam sedalam sekitar dua meter.

"Ketika diumumkan dan orang-orang mendengar masjid bungkuk ini mau dibangun orang berdatangan subuh dengan bawa linggis, bawa pacul, bawa apa saja yang dia punya, bukan orang jamaah sini, tahu betul saya bukan orang sini," ucapnya.

"Ternyata dengar orang datang dari mana-mana untuk ikut beramal ikut macul - macul bikin pondasi memang sudah ditetapkan 41 lubang dikasih kayu. Jadi orang sudah milih lubang sendiri-sendiri," sambungnya.

Menariknya ketika proses penggalian pondasi itu kata Moensif, beberapa warga menemukan struktur batu bata sekitar ketinggian tiga meter dengan lebar 10 cm.

Diduga struktur batu bata itu merupakan peninggalan Kerajaan Singosari. Memang secara lokasi, kata Moensif, kawasan Masjid Bungkuk ini bekas ibu kota Tumapel yang sudah hancur ratusan tahun lalu.

"Jadi tiap bata dibongkar pakai kuas hancur lagi, dibongkar utuh lagi, dibongkar hancur lagi. Kenapa ini sisa-sisa Kerajaan Singosari yang saya bilang tadi Kerajaan Singosari dibangun di abad 12 dan punah di abad 13, artinya usianya sudah 700 - 800 tahun ya maklum sudah aus," jelasnya.

Tak sedikit pula dalam pembangunan masjid itu ditemukan beberapa artefak bebatuan yang diduga identik peninggalan Kerajaan Singosari, salah satunya batu gilang.

Batu ini disebut dibuat untuk candi agar mempercantik bangunan candi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)