Mencekam! Relawan Berjibaku Evakuasi Pendaki di Tengah Letusan Gunung Marapi

Senin, 04 Desember 2023 - 17:15 WIB
loading...
A A A
Dari 28 pendaki yang berhasil dievakuasi, sebanyak 19 orang yang sudah ditemukan dan pulangkan tim gabungan. Sedangkan sembilan pendaki tambahan, juga telah dievakuasi hingga hari ini, Senin (4/12/2023).

Tim gabungan membawa para pendaki ke fasilitas medis, untuk mendapatkan perawatan karena mengalami luka-luka, di antaranya RSUD Dr Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi, dan RSUD Padang Panjang.

Sementara itu, tim gabungan mengevakuasi 11 pendaki dalam kondisi meninggal dunia. Petugas masih melakukan identifikasi terhadap para jenazah pendaki, yang telah berhasil dievakuasi.



Sepanjang tengah malam hingga pagi pukul 06.00 WIB, Gunung Marapi masih terus mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Yakni tercatat ada delapan kali gempa letusan, dan 43 kali gempa hembusan, dengan amplitudo maksimal 14,2 mm berdurasi 56 detik.

Tim BPBD Kabupaten Tanah Datar, dan BPBD Kabupaten Agam, terus melakukan pemantauan perkembangan erupsi Gunung Marapi di lokasi, guna melakukan tindakan cepat dalam penanganan evakuasi warga apabila kembali terjadi aktivitas vulkanik yang lebih besar.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)