8 Fakta Candi Gedong Songo, Diyakini sebagai Tempat Tinggal Para Dewa

Selasa, 31 Oktober 2023 - 15:36 WIB
loading...
A A A

4. Terdapat Percampuran Dua Budaya


Candi Gedong Songo juga menunjukkan adanya akulturasi budaya. Hal tersebut tergambar dengan adanya kepercayaan kepada Parswadewata.



Di India, tradisi Hindu lebih diutamakan kepada Tri Murti yang terdiri dari dewa Brahma, Wishnu, dan Siwa. Tetapi di Gedong Songo berwujud kepercayaan kepada Parswadewata.

Parswadewata di Jawa dapat ditafsirkan sebagai persembahan kepada roh nenek moyang yang telah bersatu dengan Siwa. Pada candi disimbolkan dengan Lingga-Yoni yang dikawal oleh dewa pengiring, yaitu Durga (istri Siwa), Ganesha (anak Siwa), dan Agastya (seorang resi yang memiliki kemampuan spiritual setara dengan dewa).

5. Terdaftar sebagai Warisan Budaya Nasional


Candi Gedong Songo telah diakui sebagai Warisan Budaya Nasional oleh pemerintah Indonesia. Status ini menunjukkan pentingnya Candi Gedong Songo dalam melestarikan warisan budaya Indonesia dan membantu untuk menjaga dan merawat candi ini.

6. Berkaitan dengan Kisah Hanoman dan Dasamuka


Gedong Songo berkaitan erat dengan kisah pewayangan antara Hanoman dan Dasamuka dalam upaya menyelamatkan Dewi Sinta. Gunung Ungaran yang menjadi lokasi Candi Gedong Songo digunakan oleh Hanoman untuk menimbun Dasamuka dalam perang besar untuk merebut Dewi Sinta.

Ada perang besar antara Dasamuka dan Rama dengan bala tentara raksasa, dibantu oleh pasukan kera pimpinan Hanoman, sebelum Dewi Sinta direbut kembali. Candi ini juga memiliki misteri terkait dengan Ratu Sima yang bersemedi di sana.

Warga juga percaya pada sosok tak kasat mata bernama Mbah Murdo sebagai penunggu candi yang dapat memenuhi hajat asalkan melakukan pertapaan di bagian paling atas candi.

7. Sumber Air Panas Alami


Selain sebagai tempat pemujaan agama, Candi Gedong Songo juga dikenal karena sumber air panas alaminya. Beberapa sumber air panas terletak di sekitar kompleks candi. Banyak wisatawan datang ke sini untuk merasakan manfaat kesehatan yang dipercayai berasal dari air panas ini yang mengandung belerang.

8. Kunjungan Terbaik pada Pagi Hari


Untuk dapat menikmati keindahan Candi Gedong Songo dan pemandangan alamnya, direkomendasikan untuk mengunjunginya pada pagi hari. Anda bisa menikmati cuaca yang lebih segar dan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan bisa.

Itulah sejumlah fakta tentang Candi Gedong Songo. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6951 seconds (0.1#10.140)