8 Fakta Candi Gedong Songo, Diyakini sebagai Tempat Tinggal Para Dewa

Selasa, 31 Oktober 2023 - 15:36 WIB
loading...
8 Fakta Candi Gedong Songo, Diyakini sebagai Tempat Tinggal Para Dewa
Candi Gedong Songo merupakan salah satu bukti sejarah pada masa kerajaan Mataram Kuno. Foto/inikotasemarang.com
A A A
JAKARTA - Banyak fakta menarik terkait Candi Gedong Songo . Candi tersebut merupakan salah satu bukti sejarah pada masa kerajaan Mataram Kuno.

Candi Gedong Songo memiliki sejarah panjang peninggalan kerajaan yang pernah berjaya di Indonesia. Candi ini juga mampu memikat wisatawan sehingga bisa menjadi destinasi wisata yang menarik.

Berikut ini deretan fakta menarik tentang Candi Gedong Songo yang membuatnya begitu istimewa.

Fakta Candi Gedong Songo


1. Pemandangan yang Memesona


Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, yang terletak di wilayah Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa.

Dengan latar belakang pegunungan yang hijau, situs ini menawarkan pengalaman visual yang memukau. Pemandangan matahari terbit atau terbenam dari tempat ini adalah salah satu yang harus dilihat.



Candi ini ternyata letaknya berada di ketinggian 1.200 hingga 1.400 mdpl di atas lereng Gunung Ungaran dan tentunya memiliki suhu yang sangat sejuk, sekitar 19-27 derajat celcius.

2. Candi Bercorak Hindu


Candi ini awalnya ditemukan oleh Loten pada tahun 1740. Kemudian seorang bangsawan Inggris bernama Raffles menemukan tujuh candi pada tahun 1804, yang ia sebut sebagai Gedong Pitu.

Candi-candi tersebut merupakan warisan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (927 Masehi).

Meskipun memiliki nama asli Candhi Gedhong Sanga yang artinya sembilan bangunan candi, saat ini hanya sekitar lima candi yang dapat dilihat di kompleks ini. Salah satunya adalah candi yang terletak di puncak tertinggi dan disebut Puncak Nirwana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)