Antisipasi Dampak Covid-19, Indra Catri Jaga Pertanian Agam

Kamis, 30 April 2020 - 09:20 WIB
loading...
A A A
Ketiga, membantu petani agar dapat memperoleh saprodi secara lebih mudah dan tepat waktu khususnya pupuk bersubsidi, benih dan alsintan.

Selanjutnya Bupati Agam juga menambahkan, bahwa Pemkab Agam akan meminta pihak perbankan agar lebih friendly dan reachable dalam melayani kebutuhan petani, misalnya dengan cara mempermudah proses pengurusan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan merestrukturisasi tunggakan ataupun hutang petani dengan memberikan penangguhan pembayaran.

Langkah penyelamatan lainnya adalah terus menggelorakan “Agam Menyemai”. “Nan di laman untuk dimakan, nan di parak baok ka pakan”.

"Sawah, ladang, dan kebun terus kita genjot produksinya, tapi jangan lupa memanfaatkan halaman atau pekarangan rumah dengan menanami tanaman produktif seperti sayuran dan buah-buahan yang cepat panen dan menghasilkan. Kita ciptakan sumber gizi dimana-mana, sebagai salah satu upaya meningkatkan kekebalan tubuh," himbaunya.

Terakhir Indra Catri juga mengingatkan agar petani tidak menjual semua produksi atau hasil panennya. Hemat dan “berkulimat” sebelum habis, sisakan juga cadangan pangan untuk keluarga. Dengan langkah strategis yang diambil ini diperkirakan menjelang lebaran akan terjadi surplus beras, jagung serta bahan pangan lainnya di Agam.

"Kekuatan kemandirian pangan akan menjadi salah satu aspek yang paling krusial bagi setiap daerah di Indonesia, jika penanganan wabah Covid-19 ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang diperkirakan. Walaupun kami tidak berharap bertanding rubber set, tapi kami harus berupaya memastikan Kabupaten Agam siap untuk semua kemungkinan," tutup Kepala Daerah pemenang IGA Awards 2019 Kementerian Dalam Negeri itu.
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)