Gunung Marapi Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

Kamis, 30 Mei 2024 - 13:55 WIB
loading...
Gunung Marapi Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter
Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat kembali menyemburkan abu vulkanik setinggi 2000 meter sekira pukul 13.04 WIB. Foto: MPI/Rus Akbar
A A A
TANAH DATAR - Setelah lama berdiam usai bencana lahar hujan, Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat kembali menyemburkan abu vulkanik setinggi 2000 meter sekira pukul 13.04 WIB.

“Terdengar keras letusannya, ada suara dentuman terdengar,” kata Ismail Damar, warga Nagari Siak, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, Rabu (30/5/2024).

Sementara berdasarkan informasi dari pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi merilis kejadian erupsi Gunung Marapi tersebut, kejadiannya sekira pukul 13.04 WIB dengan ketinggian kolom abu teramati lebih kurang lebih 2000 meter di atas puncak 4.891 Mdpl.



“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30.4 mm dan durasi sementara ini ± 2 menit 2 detik,” tulis PGA.

Sampai saat ini belum ada informasi dampak erupsi Marapi tersebut, namunPos Pengamatan Gunungapi Marapimemperingatkan status Gunung Marapi tersebut masih Level III atau siaga.

Wargadi sekitar GunungMarapi dan pendaki,pengunjung,wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4.5 km dari pusat erupsi.



Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah,aliran,bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak GunungMarapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

Jika terjadi hujan abu maka masyarakat diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

Selain itu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)
pixels