Ini Komitmen Kementan Entaskan Kasus Stunting Keluarga Petani di Indonesia

Senin, 02 Oktober 2023 - 15:13 WIB
loading...
A A A
Upaya pertama yang dilakukan UPLAND kegiatan peningkatan unsur gizi pertama yakni melakukan penganekaragaman komoditas budidaya melalui kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Kegiatan P2L dilakukan dengan memfokuskan kepada untuk penganekaragaman komoditas dan bergizi khususnya di lahan pekarangan.

"Pada tahun 2022, intervensi ini diberikan kepada 289 kelompok perempuan tani di 13 Kabupaten. Program UPLAND memastikan bahwa penerima manfaat dalam kegiatan dilakukan dalam bentuk kelompok," tambahnya.

Pemberdayaan keluarga petani yang melibatkan perempuan dan pemuda sebagai bentuk intervensi UPLAND untuk peningkatan pendapatan rumah tangga petani.

Kepada 289 kelompok tani PL2 tersebut, UPLAND memberikan fasilitas dengan bantuan berupa penyediaan rumah benih atau green house, paket saprodi dan peralatan kecil, dan peralatan untuk kegiatan pasca panen.

Selanjutnya UPLAND juga melakukan intervensi dengan memberikan pengetahuan menjaga rantai nilai sensitive gizi dalam kegiatan panen, distribusi hingga pengolahan.

Pengetahuan tersebut perlu dilakukan untuk menjaga resiko kontaminasi mikro organisme dan zat kimia termasuk teknik penyimpanan.

"Hal ini selain untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan oleh petani dapat bersaing dengan mitra juga sekaligus mempromosikan komoditas atau tanaman yang memiliki kontribusi pada peningkatan nilai gizi masyarakat," jelasnya.

Kegiatan lain yang dilakukan UPLAND yakni pengolahan hasil panen untuk meminimalisir kerusakan nilai gizi dan meningkatkan umur simpan.

Hal itu juga perlu dilakukan sebagai penambahan nilai tambah termasuk nilai gizi pada komoditas baik dalam bentuk setengah jadi atau bentuk siap dikonsumsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7208 seconds (0.1#10.140)