Ini Komitmen Kementan Entaskan Kasus Stunting Keluarga Petani di Indonesia

Senin, 02 Oktober 2023 - 15:13 WIB
loading...
Ini Komitmen Kementan Entaskan Kasus Stunting Keluarga Petani di Indonesia
Program UPLAND Kementerian Pertanian menggelar kegiatan meningkatkan kesejahteraan petani dan perbaikan gizi di Garut dan Tasikmalaya. Foto/Istimewa
A A A
TASIKMALAYA - Program UPLAND Kementerian Pertanian menggelar kegiatan meningkatkan kesejahteraan petani dan perbaikan gizi di Garut, Tasikmalaya. Peningkatan pemahaman pada unsur gizi dilakukan UPLAND sebagai upaya mencegah terjadinya stunting di Indonesia.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Ali Jamil mengatakan, pangan memiliki peran fundametal dalam keberlangsungan hidup manusia, pangan merupakan hal setiap orang.

Maka Kementan berupaya terus memastikan pangan yang aman dan mutlak diperlukan dapat diperoleh masyarakat melalui penguatan ketangguhan (resilience) dan keberlanjutan (sustainability) sistem pertanian dan pangan.



“Dengan memperkuat Cadangan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal (Local Resource-based Food Reserve/LRBFR) sebagai fondasi untuk membangun Cadangan Pangan Bersama di wilayah Indonesia serta ASEAN pada khususnya merupakan dedikasi Pemerintah Indonesia bagi Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat atas ketersediaan pangan dan gizi masyarakat,” kata Ali dalam keterangan tertulis, Selasa (2/10/2023).

Pada kesempatan terpisah, Pengelola Program UPLAND Farakka Sari mengatakan, selain upaya peningkatan hasil produksi, dalam budidaya pertanian UPLAND juga memiliki semangat penyadaran gizi atau nutrition awareness.

Hal itu perlu dilakukan sebagai komitmen UPLAND Kementerian Pertanian mengatasi stunting seperti yang menjadi semangat Presiden Joko Widodo.



"Program UPLAND memiliki misi tidak hanya untuk meningkatkan pendapatan petani tetapi juga perbaikan gizi dan ketahanan pangan keluarga melalui aspek ketersediaan pangan, akses, dan konsumsi pangan bergizi," kata Farakka.

Rangkaian kegiatan perbaikan gizi dalam program UPLAND dilakukan dengan bebagai cara. Terdapat enam intervensi yang dilakukan mulai kepada petani hingga pengusaha dan pemerintah daerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)