Kisah Putra Prabu Siliwangi Menghadapi 15 Kali Peperangan di Kerajaan Pajajaran

Rabu, 13 September 2023 - 05:59 WIB
loading...
A A A
Pelabuhan-pelabuhan Sunda sudah tidak mampu memberikan penghasilan apa pun bagi negara. Bahkan mereka berbalik arah ancaman baru terhadap pusat kerajaan.

Raja-raja di daerah memanfaatkan kekacauan, lalu memberontak dan ingin melepaskan diri dari pusat. Negara warisan Sri Baduga menjadi acak-acakan dan terancam runtuh.

Padahal keberhasilannya menjadi Susuhunan Pajajaran diraih dengan cara tak elok, memaksa dan melangkahi para saudara yang lebih tua dan yang lebih berhak.

Pembesar Pajajaran pun umumnya tidak setuju dengan pengangkatannya jadi susuhunan Pajajaran. Mereka menerima karena terpaksa.

Pada sisi ini, secara manusiawi, rasa malu, perasaan perih dan sakit hati, rasa bersalah, karena tak mampu memegang amanat mempertahankan pusaka warisan leluhur.

Rasa kecewa dan perasaan hormat kepada orang tua yang telah mewariskan pusaka, bercampur aduk sehingga menjadikan batinnya tersiksa.

Dapat dipahami jika nama Prabu Surawisesa sendiri tidak dicantumkan dalam prasasti. Sakakala itu adalah tanda taubat, pengakuan ketidakberdayaan diri, pengakuan terhadap keagungan sang ayah almarhum seraya meminta perlindungan kegaiban beliau.
(shf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)