Ini Deretan Capaian Program Ridwan Kamil Selama 5 Tahun Memimpin Jawa Barat

Sabtu, 02 September 2023 - 05:31 WIB
loading...
A A A
Jabar Juara juga berupaya mengatasi kesenjangan dan pemerataan ekonomi lewat penataan ruang serta percepatan pembangunan daerah dengan inovasi Metropolitan Rebana.



Rebana diproyeksikan memiliki 13 pusat pertumbuhan ekonomi di tujuh wilayah di Utara Jawa Barat yakni, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, Kota Cirebon.

Di wilayah Selatan, penataan ruang ini diwujudkan lewat konsep ARUMANIS dan Jalur Tengah Selatan. Dua konsep pemerataan lewat tata ruang ini diakui dan diperkuat dengan adanya komitmen Pusat lewat Peraturan Presiden No. 87/2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Jawa Barat bagian Selatan.

Adapun salah satu program unggulan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dalam memberikan pelayanan dasar akan kebutuhan infrastruktur di Jawa Barat di antaranya adalah program Jalan Mulus (Jamu), yang telah berhasil menangani jalan di Jawa barat sepanjang 713,5 km selama lima tahun terakhir. Meski anggaran sempat terganggu penanganan Covid-19, setiap tahunnya program ini memastikan kondisi jalan dan jembatan di Jabar tetap prima.

Pemprov Jabar selama lima tahun ini, mewujudkan ragam kebutuhan warga di kabupaten dan kota terkait infrastruktur seperti fly over (Depok, Kota Bandung), revitalisasi situ atau waduk (Kuningan, Bekasi, Bogor, Depok, Garut), revitalisasi Pasar Juara (Bogor, Sukabumi, Kabupaten Bandung, Cirebon, Kota Cimahi), revitalisasi alun-alun (Cirebon, Majalengka, Sumedang, Sukabumi, Ciamis, Pangandaran).

Kemudian juga ada Masjid Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung. Masjid Al Jabbar adalah mahakarya peradaban kebanggaan Jawa Barat. Setelah hampir tujuh tahun dirancang dan dibangun, Masjid Al Jabbar resmi hadir bagi umat.



Kemudian, salah satu capaian penting yang didorong oleh kepemimpinan Rindu adalah peningkatan investasi. Selama lima tahun terakhir, Jawa Barat mendudukan diri sebagai juara investasi, primadona investasi, destinasi utama investasi.

Dalam hal lingkungan, penanganan DAS Citarum yang dilakukan oleh Rindu dalam lima tahun terakhir melalui program Citarum Harum juga menunjukkan progres pesat. Indeks Kualitas Air (IKA) DAS Citarum pada tahun 2018 sebesar 33,43 menjadi 51,01 atau dari cemar berat menjadi cemar ringan. Program akan terus berlanjut hingga mencapai angka IKA 60 atau bebas cemar.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0160 seconds (0.1#10.140)