Lapak Ganjar Dorong Kaum Milenial Kembangkan UMKM dan Ekonomi Kreatif

Kamis, 27 Juli 2023 - 00:39 WIB
loading...
A A A
Toni juga berkesempatan mendapat pembinaan di Balatkop UMKM Provinsi Jawa Tengah. Mulai dari manajamen, pemasaran, inovasi produk hingga inovasi bisnis. "Kami berterimakasih kepada Pemprov Jateng, dan Pak Ganjar, karena banyak mendampingi. Mulai diajari berinovasi bisnis, berinovasi produk, dan bermanajemen yang baik," kata Toni.



Bermula dari 5 kg singkong itu, Toni kini mampu mengembangkan menjadi Argotelo Edukasi Wisata yang berkaitan dengan singkong di kampungnya. "Inovasi bisnis itu mampu membuat kami membuka wisata edukasi. Jadi kami punya paket wisata. Kami juga jual merchandise kaos dan lainnya," imbuhnya.

Menurutnya, upaya Ganjar dalam membantu UMKM lokal bukan hanya untuk kesuksesan secara pribadi, tapi juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar. "Akhirnya kami bisa berkarya dengan banyak orang, dan menghidupkan ekonomi kreatif. Dulu hanya punya sekitar tujuh karyawan, sekarang ada 35 karyawan. Dulu 5 kg singkon, sekarang produksi 1,5 ton per hari," ucap Toni.

Cerita serupa juga dialami Rifani Zuniyanto, peristis usaha Coffe Batang. Saat ini, usahanya berkembang sangat pesat berkat Lapak Ganjar. Menurutnya, ada Ganjar yang selalu memberikan ruang kreatif dan inovatif bagi kalangan milenial. "Awalnya ada Lapak Ganjar, dan kemudian ikut Balatkop Jawa Tengah. Hal itu berperan penting dalam usaha kopi saya ini," tutur Rifani.

Di Pemprov Jawa Tengah, warga Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang itu mengikuti pelatihan secara berjenjang. Di antaranta manajeman pemasaran, dengan memanfaatkan sosial media. "Saya diajari bagaimana beriklan yang efektif di media sosial, dan lain sebagainya," ujar Rifani.

Saat ini, Rifani juga telah mendirikan KUB (kelompok usaha bersama) dan berhasil melakukan pendampingan kepada sekitar 3.000 petani kopi. "Omzet dulunya Rp15 juta per bulan, naiknya hampir 1000 persennya. Dan, sekarang berkembang dari kopi ke usaha yang lain, seperti emping dan jajajan," tandas Rifani.



Sementara itu Ganjar menjelaskan, keberhasilan pelaku UMKM melalui program Lapak Ganjar telah menjadi inspirasi dan motivasi bagi milenial lainnya yang ingin memulai usaha. "Sudah banyak contoh yang cukup berhasil dari beberapa pengusaha muda. Ini menginspirasi anak-anak muda untuk membuat lebih banyak lapangan pekerjaan," ujarnya.

Upaya pelatihan dan pendampingan di Balatkop Jawa Tengah, juga tak luput dari perhatian Ganjar dalam mengembangkan UMKM. Ganjar tak hanya mendorong melalui program saja, tetapi juga memastikan pelaku UMKM tersebut benar-benar siap dan memiliki produk berkualitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3022 seconds (0.1#10.140)