TNI Pukul Mundur Gerombolan KKB di Distrik Homeyo Intan Jaya

Sabtu, 11 Mei 2024 - 16:53 WIB
loading...
TNI Pukul Mundur Gerombolan KKB di Distrik Homeyo Intan Jaya
Tim Gabungan TNI memukul mundur gerombolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) dari Distrik Homeyo, Intan Jaya, Papua Tengah. Foto/Ist
A A A
INTAN JAYA - Tim Gabungan TNI berhasil memukul mundur gerombolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) dari wilayah Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.

Awalnya KKB yang diduga dipimpin Afrianus Bagubau dan Keny Tipagau kembali berusaha menyerang aparat keamanan (Apkam) Gabungan yang mengamankan Distrik Homeyo.



Serangan KKB dilakukan pada Sabtu (11/5/2024) sekitar pukul 04.30 WIT dini hari, di sekitar Area Ujung Timur Bandara Pogapa.

Sebelum kontak tembak berlangsung, pasukan Apkam Gabungan yang berada di Area Ujung Timur Bandara Pogapa tengah melakukan pengecekan wilayah.



Mereka merupakan satuan jajaran Komando Operasi TNI (Koops TNI) Habema dan Satgas Nanggala Kopassus.

Saat patroli dijalankan, tim di lapangan menemukan indikasi keberadaan OPM di sekitar daerah patroli dan melakukan pengejaran yang diikuti dengan kontak tembak.



Di akhir tahap pengejaran, ditemukan hasil berupa senjata Anak Panah dan Busur, senter, beberapa foto OPM, tempat perlindungan tidak permanen yang dibangun OPM beserta Pos Tinjau OPM yang digunakan untuk mengintai kondisi wilayah Homeyo dan sekitarnya.

"Patroli di Distrik Homeyo merupakan langkah proaktif Apkam Gabungan untuk mewujudkan situasi keamanan wilayah yang kondusif guna mendukung semua proses percepatan pembangunan Papua," ucap Panglima Kogabwilhan III,Letjen TNI Richard TH Tampubolon usai menerima laporan keberhasilan tugas patroli.

Sebelumnya, personel Gabungan TNI yang berjaga di wilayah Distrik Homeyo,terus melancarkan langkah-langkah proaktif mengamankan wilayah setempat dari gangguan OPM.

Salah satu diantaranya melalui patroli di setiap jengkal tanah Homeyo.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)
pixels