Lapak Ganjar Dorong Kaum Milenial Kembangkan UMKM dan Ekonomi Kreatif

Kamis, 27 Juli 2023 - 00:39 WIB
loading...
Lapak Ganjar Dorong Kaum Milenial Kembangkan UMKM dan Ekonomi Kreatif
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Foto/Ist.
A A A
SALATIGA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terus mendorong kaum milenial untuk mengembangkan usaha mandiri, dan ekonomi kreatif. Langkah itu, salah satunya dilakukan dengan membuka Lapak Ganjar yang akhirnya menjadi pemicu kaum milenial terjun ke dunia usaha.



Kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah, terbukti mampu melahirkan pengusaha-pengusaha muda melalui berbagai program yang mewadahi kaum milenial untuk meraih kesuksesan.



Sepanjang tahun 2018-2023, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, telah melaksanakan pembinaan terhadap 183.101 UMKM. Ditambah dengan 61.975 UMKM atau startup yang dikelola oleh pengusaha milenial.



Berbagai upaya dilakukan untuk mengembangkan keberadaan pelaku usaha milenial. Antara lain, Lapak Ganjar, Hetero Space, dan juga program di Balai Pelatihan Koperasi (Balatkop) UMKM.

Bukan hanya berkembang maju, namun, melalui program pembinaan tersebut startup milenial mampu berinovasi bisnis dan melahirkan ekonomi kreatif di daerahnya. Salah satunya adalah Argotelo, usaha olahan ketela atau singkong di Dukuh Ngaglik, Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kabupaten Salatiga.

Usaha Argotelo tersebut, dirintis oleh Toni Anandya Wicaksono sejak tahun 2016. Yakni saat dia berusia 30 tahun. "Awalnya jualan keliling ke sekolah, pasar, dan bahkan saya bersama istri jualan asongan di bus pariwisata. Modal dan alatnya pinjam dari saudara. Waktu pertama kali, baru produksi 5 kg singkong," ujarnya.

Usaha yang dirintis dengan jatuh bangun tersebut, mulai menemukan jalan terang setelah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mencanangkan program Lapak Ganjar. Sebuah ajang promosi gratis, melalui akun Instagram pribadinya. "Dari Lapak Ganjar, usaha kami mulai banyak dikenal orang dan penjualan kami mulai bertambah," tutur Toni.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4335 seconds (0.1#10.140)