AMSI Awards 2023 Dorong Peningkatan Kualitas dan Inovasi Media

Rabu, 19 Juli 2023 - 23:46 WIB
loading...
A A A
Wakil Ketua AMSI, Suwarjono yang juga juri internal AMSI Awards 2023 menjelaskan, proses seleksi awal oleh juri internal mempertimbangkan banyak faktor, serta tidak hanya menilai matriks, angka, dan data yang disajikan peserta saja.

Para juri yang semuanya mentor dalam program media berkelanjutan, memperhatikan beberapa aspek seperti keterwakilan wilayah, latar belakang medianya, keberagaman segmen media, dan intensitas mengikuti program media berkelanjutan, yang menjadi program AMSI bersama Internews dan USAID Media dalam tiga tahun terakhir ini.

"Kami para juri internal selama ini melakukan mentoring, paham latar belakang dan kondisi media teman-teman. Kepada dewan juri eksternal, kami serahkan penilaian sepenuhnya. Harapannya tidak hanya menilai dari sisi metrik saja, tapi juga bisa lebih luas," ujar Suwarjono.

AMSI Awards 2023 akan memilih enam kategori media nasional terbaik, dan enam kategori media lokal terbaik. Masing-masing adalah kategori media dengan inovasi dan pertumbuhan konten terbaik; media dengan pertumbuhan bisnis terbaik; media dengan distribusi konten terbaik; media dengan inovasi teknologi terbaik; media dengan pengelolaan manajemen terbaik; dan media dengan pertumbuhan brand terbaik.



Para peserta dinilai dengan dua tahapan penjurian. Tahap seleksi awal, dilakukan oleh lima orang juri internal, yakni para pemimpin media dan mentor program media berkelanjutan AMSI.

"Tahap kedua menghadirkan lima juri eksternal, para pakar media, akademisi, dewan pers, kehumasan serta donor program media AMSI, yang kita harapkan legasi dan kepakarannya bisa menjadi hakim untuk memilih peraih AMSI Awards. Pada 2 Agustus 2023, kami akan mengundang kembali dewan juri untuk bersidang secara offline," papar Adi Prasetya.

Menurut Adi, AMSI Awards 2023 merupakan ajang kedua kali digelar AMSI. Kali ini diikuti 100 media pendaftar terdiri dari 75 media lokal, dan 25 media nasional. Malam Anugerah AMSI Awards 2023, akan berlangsung di Bandung 23 Agustus 2023. AMSI Awards 2023 mengambil tema "Media Siber Indonesia Tiada Henti Inovasi di Era Kecerdasan Buatan".
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3077 seconds (0.1#10.140)