Abrasi Tenggelamkan Kampung Simonet Pekalongan, 96 Keluarga Direlokasi

Rabu, 05 Juli 2023 - 18:15 WIB
loading...
A A A
Lebih lanjut dia mengatakan, Pemkab Pekalongan menyadari banjir rob merupakan pekerjaan rumah besar yang harus dituntaskan. "Kami terus berikhtiar, salah satunya dengan merelokasi warga ke tempat yang lebih layak. Alhamdulillah tahun 2023 ikhtiar kami sudah menampakkan hasil, dengan merelokasi 96 kepala keluarga," ungkapnya.



Diakui Akbar, ada tahapan cukup panjang serta dinamika yang harus dilalui dalam proses relokasi, namun atas dukungan semua pihak akhirnya Pemkab Pekalongan mampu sampai pada tahapan pengundian tanah kavling yang telah dilaksanakan pada 24 Juni 2023, setelah sebelumnya dilakukan rapat bersama DPRD Kabupaten Pekalongan pada 22 Juni 2023 untuk meminta persetujuan hibah tanah.

Sedangkan untuk proses pembangunan hunian, kata Akbar direncanakan akan dimulai pada tahun 2024 mendatang. "Pemilihan tempat relokasi dari awal telah melibatkan warga, dan pemerintah tentunya tidak hanya memikirkan hal yang terkait fisik semata, namun kami juga mengupayakan konsep mata pencaharian berkelanjutan bagi warga yang direlokasi," tuturnya.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3225 seconds (0.1#10.140)