Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Setuju Pesanten Al-Zaytun Dibubarkan

Senin, 03 Juli 2023 - 23:45 WIB
loading...
A A A
Kang Emil mengatakan, Pondok Pesantren Al-Zaytun terindikasi melakukan penggalangan dana untuk membiayai aktivitas NII. "Ada (indikasi NII). Belum sedetail itu, tapi arahnya penggalangan dananya ke arah sana (NII)," katanya.



Lebih lanjut Kang Emil mengatakan, adanya keterkaitan Pondok Pesantren Al-Zaytun dengan NII, masih baru berupa indikasi. Oleh karenanya, masyarakat dan para ulama diminta untuk bersikap tenang menyikapi polemik Pondok Pesantren Al-Zaytun.

Pasalnya, lanjut Kang Emil, pemerintah tengah menyiapkan sanksi tegas terhadap pondok pesantren pimpinan Panji Gumilang itu. "Masyarakat tenang, forum ulama juga tenang, bahwa tindakan tegas sedang berlangsung," ujarnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil membentuk tim investigasi yang terdiri dari MUI hingga ormas Islam di Jawa Barat, untuk melakukan pendalaman terkait aktivitas di Pondok Pesantren Al-Zaytun.

Tim investigasi itu kemudian bertemu langsung dengan pimpinan Pondok Pesantrem Al-Zaytun, Panji Gumilang, di Gedung Sate. Ketika itu, tim investigasi memberikan total lima poin pertanyaan untuk Panji Gumilang. Urusan Panji Gumilang sudah memberikan jawaban atas pertanyaan itu. Jawaban sudah diserahkan ke Menkopolhukam, Mahfud MD.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)