Kisah Panji Laras, Legenda Sampang Madura yang Berdakwah dengan Ayam Jago Tak Terkalahkan

Sabtu, 10 Juni 2023 - 11:50 WIB
loading...
Kisah Panji Laras, Legenda Sampang Madura yang Berdakwah dengan Ayam Jago Tak Terkalahkan
Makam Panji Laras di Kampung Madegan, Kelurahan Polagan, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Foto/MPI/Diwan Mohammad Zahri
A A A
PANJI LARAS bagi masyarakat Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur merupakan sosok legenda rakyat yang sangat dikenal. Makamnya berada di Kampung Madegan, Kelurahan Polagan, Kabupaten Sampang.

Dikisahkan, Panji Laras memiliki seekor ayam jago yang tidak terkalahkan bahkan setiap kali bertarung selalu membuat musuh terkapar tidak berdaya. Uniknya ayam jago tersebut dijadikan sebagai media dakwah dalam menyebar ajaran Islam oleh Panji Laras.



Juru kunci Makam Panji Laras, Fauzan menuturkan bahwa sosok Panji Laras dulu sangat disegani oleh masyarakat. Panji Laras mengadu ayam jagonya dengan ayam jago milik orang lain. Jika lawannya kalah, maka lawannya akan memeluk Islam.

"Kegemaran sabung ayam sembari menyebarkan agama Islam merupakan hal yang sangat luar biasa," ungkapnya.

Di luar Kabupaten Sampang juga dikisahkan tentang Panji Laras. Namun, yang paling mendekati kebenaran yakni di Madegen, Sampang.

Kisah Panji Laras berawal saat Raja Jayengrono berburu di hutan. Dia tersesat dan tiba-tiba melihat sebuah rumah yang dihuni perempuan dan nenek tua. Raja terpesona melihat kecantikan perempuan yang bernama Timun Emas alias Centil Kuning itu. Jayengrono kemudian menikahi Centil Kuning.



Beberapa bulan setelah menikah, Jayengrono meminta izin kepada Centil Kuning kembali ke kerajaan untuk mengurus rakyatnya. Saat berpamitan, Centil Kuning sedang hamil tiga bulan.

Setelah ditunggu beberapa bulan, ternyata raja tersebut tidak kunjung datang. Hingga akhirnya, perempuan itu melahirkan bayi laki-laki yang diberi nama Panji Laras.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5228 seconds (0.1#10.140)