Momen IKAPSI Pulang Kampung Bersama, Bupati Tapsel Resmi Ubah Nama Alun-Alun Sipirok

Selasa, 25 April 2023 - 20:30 WIB
loading...
A A A
Daging kerbau itu kemudian dikonsumsi bersama (makan bersama di atas daun pisang) dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, para pengurus dan anggota IKAPSI, serta masyarakat Sipirok yang hadir di acara tersebut.

Makan bersama di lapangan Adian Pardomuan itu juga dihadiri Bupati Dolly Pasaribu, Wakapolres Tapsel, Sekda Tapsel, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), serta unsur muspida Kabupaten Tapsel dan Kecamatan Sipirok.

Dalam kesempatan ini Ketua Umum IKAPSI juga mencanangkan Night Market untuk mendorong perkembangan UMKM. Raja berharap Night Market bisa menjadi ikon baru Sipirok.

"Tidak mudah memang membuat Night Market ini, butuh infrastruktur, manajemen, dan lainnya. Tapi kalau tidak dimulai kapan lagi. Awal-awal paling tidak dua kali seminggu dulu di hari Sabtu dan Minggu," kata Raja.

Selain itu, juga dilakukan peluncuran buku Sipirok Sisunggul Lungun, buah karya IKAPSI bekerja sama dengan Pemkab Tapsel. Buku ini berisi potensi-potensi Sipirok dari berbagai aspek, baik keindahan alam, tempat-tempat wisata, tempat bersejarah, dan lainnya.

Raja Pane menyebutkan penabalan dan peresmian nama baru Alun-Alun Sipirok hanya salah satu agenda dari rangkaian acara IKAPSI Rap Mulak Tu Huta 2023.

Pulang kampung bersama ini merupakan program kerja IKAPSI tahun 2023. Ini merupakan kali pertama IKAPSI pulang kampung bersama dengan jumlah peserta dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari luar negeri. Dan, ini merupakan sejarah bagi IKAPSI pulang bersama.

Menurut wartawan senior itu, acara IKAPSI pulang kampung bersama bukan sekadar ajang melepas rindu dengan teman di masa sekolah dulu, ataupun melepas rindu dengan tanah kelahiran.

Namun yang terpenting dalam jangka panjang bagaimana menumbuhkan kepedulian dan semangat baru untuk membangun kampung halaman, Sipirok.

Adapun dampak secara langsung dengan IKAPSI pulang kampung bersama ini tentu saja membuat perputaran uang perpindah. Hal ini dari sisi ekonomi membawa efek positif kepada pedagang baik kuliner, warung-warung, perajin UMKM, hingga usaha penginapan di Sipirok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4097 seconds (0.1#10.140)