Turis Taiwan Mengaku Diperas Rp60 Juta di Bandara Ngurah Rai Bali, Ini Penjelasan Bea Cukai

Jum'at, 14 April 2023 - 03:05 WIB
loading...
Turis Taiwan Mengaku Diperas Rp60 Juta di Bandara Ngurah Rai Bali, Ini Penjelasan Bea Cukai
Suasana di terminal kedatangan di Bandara Ngurah Rai Bali. Seorang turis asal Taiwan membuat heboh karena mengaku diperas di bandara internasional itu. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
DENPASAR - Seorang turis asal Taiwan mengaku diperas US$ 4.000 atau setara sekitar Rp 60 juta di Bandara Ngurah Rai Bali . Pihak bea cukai pun buru-buru membantah anggotanya yang melakukannya.

"Kami meyakini kejadian tersebut tidak terjadi di bea cukai," kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana dalam keterangan tertulis, Kamis (13/4/2023).

Dugaan pemerasan itu tengah ramai diberitakan media Taiwan. Pemberitaan dilengkapi dengan tayangan video ketika turis yang menyebutkan adanya dugaan pemerasan oleh oknum petugas bea cukai Bandara Ngurah Rai.



Akun Ludai (NeverEnough) menceritakan pengalamannya ketika sedang asyik mengambil foto di area terbatas bandara. Tiba-tiba turis pria itu dihampiri petugas bea cukai.

Dia lalu dibawa ke ruang gelap. Di ruang itu, dia diancam petugas akan direpatriasi ke negara asalnya. Petugas juga menyampaikan bisa mendapatkan paspornya yang ditahan.



Ini setelah terjadi kesepakatan pembayaran uang sebesar US$ 4.000. Setelah membayar, petugas memintanya untuk merekam sidik jari. .

Petugas itu juga melakukan stempel/cap paspor. Petugas lalu meminta turis itu tidak menceritakan pengurangan denda yang telah dia terima. Setelah selesai, turis itu dibolehkan melanjutkan perjalanan.



Hatta menegaskan, petugasnya tidak memiliki kewenangan untuk melakukan perekaman sidik jari dan stempel/cap pada paspor.

Menurut dia, pengambilan foto di area terbatas bandara yang diatur Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 80/2017 yang bukan bagian dari kewenangan bea cukai.

Repatriasi pun bukan merupakan kewenangan bea cukai. "Kami tetap berusaha berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk kemudian dapat mencari tahu duduk persoalan yang sebenarnya,” ujarnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)