Adityawarman, Sosok Menteri Kerajaan Majapahit yang Jalani Misi Diplomatik ke China

Selasa, 04 April 2023 - 08:50 WIB
loading...
A A A
Hal itu seperti dikisahkan pada kitab Pararaton yang disebut dalam buku "Pemugaran Persada Sejarah Leluhur Majapahit", dari sejarawan Prof. Slamet Muljana.

Adityawarman juga disebut Slamet Muljana muncul di Prasasti Kuburan Raja di Lima Kaum, Minangkabau, yang menyatakan bahwa Adityawarman penguasa Pulau Mas (Kanakamedinindra) adalah putra Adwaya (Adwayamputra), termasuk wangsa Kulisadhara (Kulisadharawangca).

Berdasarkan penyebutkan itu, diketahui bahwa ayah Adityawarman bernama Adwaya.

Sedangkan di Prasasti Amoghapasa 1286 diketahui bahwa salah seorang pengantar area Amoghapasa dari Singasari ke Suwarnabhumi ialah Mahamantri 1 Hno Dyah Adwayabrahma.

Nama ini mirip sekali dengan nama Adwaya pada prasasti Kubur Raja.

Adityawarman sejak kecil dibesarkan di Majapahit. Hal itu diketahui pada prasasti Manjusri 1343, Adityawarman disebut masih ada hubungan kerabat dengan Rajapatni.

Karena itu, ayah Adityawarman yang bernama Adwaya itu dapat diidentifikasikan dengan Mahamantri i Hino Dyah Adwayabrahma.

Putri Dara Jingga adalah keturunan raja Suwarnabhumi Tribhuwanaraja Mauliwarmadewa. Jadi Adityawarman adalah cucu Tribhuwana- raja Mauliwarmadewa. Adityawarman mencantumkan nama keluarga raja-raja Melayu Mauliwarmadewa, seperti nyata pada prasasti-prasasti yang dikeluarkannya.

Adityawarman dari pihak ibunya adalah saudara sepupu Sri Jayanagara. Sehingga ia mendapat kedudukan baik dalam pemerintahan ketika Jayanagara menjadi raja di Majapahit. Anehnya namanya tidak tercantum pada Prasasti Sidateka, bertarikh 1323 yang menyebut berbagai pembesar Kerajaan Majapahit pada zaman pemerintahan Sri Jayanagara.

Ada kemungkinan ketidakhadiran Adityawarman pada upacara peresmian anugerah tanah swatantra Tuhanyaru disebabkan karena ia dikirim ke negeri Tiongkok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)