Adityawarman, Sosok Menteri Kerajaan Majapahit yang Jalani Misi Diplomatik ke China

Selasa, 04 April 2023 - 08:50 WIB
loading...
Adityawarman, Sosok Menteri Kerajaan Majapahit yang Jalani Misi Diplomatik ke China
Adityawarman merupakan pejabat Kerajaan Majapahit yang dikirim menjadi diplomat ke kerajaan di China. Dia menjabat menteri di masa pemerintahan Raja Jayanagara. Foto/Ilustrasi/Dunia Pendidikan
A A A
Adityawarman merupakan pejabat Kerajaan Majapahit merupakan tokoh yang dikirim menjadi utusan atau diplomat ke kerajaan di China masa itu. Dia menjabat menteri di masa pemerintahan Raja Jayanagara.

Sosok Adityawarman diketahui dari peninggalan sejumlah prasasti yang ditemukan di Jawa, Sumatera hingga sejarah Dinasti Yuan.


Dalam kronik sejarah Dinasti Yuan disebutkan bahwa utusan Jawa bernama Seng-k'ia- lia-yulan berpangkat menteri datang ke istana kaisar pada 1395.

Nama Sengk'la-lia-yu-lan dapat diidentifikasikan dengan Sang Adityawarman. Berdasarkan penyebutkan itu diketahui saat itu Kerajaan Majapahit berada di masa pemerintahan Sri Jayanagara.

Saat itu Adityawarman memegang jabatan tinggi dalam pemerintahan. Dua kali Adityawarman dikirim ke Istana Kaisar Dinasti Yuan.

Pertama berlangsung pada1325 pada masa pemerintahan Sri Jayanagara.



Sedangkan yang kedua berlangsung pada 1332 pada masa Kerajaan Majapahit dipimpin Ratu Tribhuwanatunggadewi Jayawisnuwardhani.

Pengiriman misi diplomatik ini diduga merupakan upaya Kerajaan Majapahit untuk mengupayakan perdamaian dengan bangsa Mongol saat itu, setelah sempat terjadi konflik dan peperangan di zaman Kerajaan Singasari dan Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit.

Dalam catatan sejarah, Adityawarman disebut sebagai salah satu penguasa Kerajaan Melayu. Selain itu, dia juga dipercaya merupakan anak dari Dara Jingga dari Tanah Melayu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)