Kearifan Lokal Berbuah Zona Hijau

Sabtu, 18 Juli 2020 - 07:35 WIB
loading...
A A A
Yang menarik, saat KORAN SINDO berada di PLBN Badau, tiba-tiba ada serombongan pelajar dari Indonesia yang hendak melintas ke Malaysia. Rombongan pelajar yang diketahui bersekolah di Lubok Antu, Serawak itu, ternyata hari itu untuk pertama kalinya masuk sekolah. (Lihat videonya: Pemulung Bawa Uang Rp7Juta Hasil Jual Bansos Covid-19)

"Kalau rombongan pelajar ini kan memang guru-gurunya di Malaysia yang minta (datang dan masuk sekolah). Karena mereka yang minta dan permintaan tersebut sesuai kebutuhan kita di sini (pelajar Indonesia), ya kita tinggal meneruskan saja. Dan guru-gurunya itu juga menjemput di gerbang perbatasan Malaysia," ujar Agato.

Kasubid Pengembangan Kawasan PLBN Badau, Wendelinus Fanu menambahkan, selama masa pandemi hampir tidak ada sama sekali aktivitas pelintas di PLBN Badau. Begitu juga di Pos Lintas Negara (PLB) Lubok Antu, Serawak, Malaysia. Padahal sebelum ada pandemi, pelintas bisa mencapai 200 orang per hari, bahkan lebih.

Tak hanya aktivitas orang yang melintas, aktivitas angkutan umum terutama truk-truk pengangkut CPO (crude palm oil) yang biasanya ramai dari Indonesia ke Malaysia juga sudah distop. (Hendri Irawan)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)