Hari Perempuan Internasional, Momen Adegan Wanita Surabaya yang Bikin Lelaki Kepanasan

Rabu, 08 Maret 2023 - 12:48 WIB
loading...
Hari Perempuan Internasional, Momen Adegan Wanita Surabaya yang Bikin Lelaki Kepanasan
Nurnanigsih. Foto/ Wikipedia
A A A
SURABAYA - Setiap 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional . Peringatan hari perempuan juga mengingatkan pada masa pertengahan 1954 di Indonesia.

Yakni di mana seorang perempuan Indonesia telah menghebohkan publik lantaran adegannya di film dianggap kelewat berani. Dan bukan hanya adegan panasnya di layar perak, namun skandal foto-foto bugilnya juga menyusul beredar luas.

Sosok perempuan film itu bernama Nurnaningsih, kelahiran 5 Desember 1925 di Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur.

Nurnaningsih memulai karir sebagai aktris film pada tahun 1950-an. Film Krisis (1953) yang disutradarai Usmar Ismail menjadi debut pertamanya. Pada film yang mengangkat tema korupsi di masa revolusi itu, Nurnaningsih berperan sebagai Ros.

Baca juga: Asal Usul Nama dan Sejarah Probolinggo, Wilayah yang dijadikan Perang Paregreg

Ia beradu peran dengan Tina Melinda, Rd Sukarno, Udjang, Rida Umami dan Wahid Chan. Saat itu sosoknya belum begitu dikenal. Namun setahun kemudian atau tahun 1954, namanya mendadak jadi buah bibir.

Dalam film Harimau Tjampa yang disutradarai D. Djajakusuma dengan produser Usmar Ismail, adegan yang dilakoni Nurnaningsih telah menyentak mata publik. Dalam adegan dewasa itu, tubuh moleknya nyaris telanjang.

“Ini merupakan penampilan berani pertama dari bintang film pribumi Indonesia,” demikian dikutip dari buku Bukan Tabu Nusantara (2018).

Nama Nurnaningsih sebagai bintang film panas kian melambung tinggi. Entah apa yang terjadi. Pada pertengahan tahun 1954, foto-foto bugilnya tiba-tiba beredar luas.

Foto karya seorang fotografer tak terkenal itu beredar secara gelap di kota-kota besar. Peredaran terbesar berada di Jakarta. Di Kota Siantar, Sumatera foto-foto dengan pose cabul itu, laris diperjualbelikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)