Demonstran Tendang Kaca Truk, 1 Anggota Polresta Malang Kota Terancam Buta

Selasa, 09 Maret 2021 - 19:03 WIB
loading...
Demonstran Tendang Kaca Truk, 1 Anggota Polresta Malang Kota Terancam Buta
Wakapolresta Malang Kota, AKBP Totok Mulyanto Diyono menunjukkan barang bukti aksi kekerasan. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A A A
MALANG - Aksi peringatan International Women’s Day di Kota Malang, pada senin (8/3/2021) berakhir dengan kericuhan . Bahkan, satu demonstran yang sudah diangkut menggunakan truk Dalmas Polresta Malang Kota, nekat menendang kaca bagian tengah hingga serpihannya mengenai anggota polisi.



Kini Bipka Eko anggota Polresta Malang Kota, yang mengemudikan truk tersebut harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit, dan mata sebelah kirinya terancam kebutaan karena kemasukan serpihan kaca yang pecah ditendang demonstran.



Satreskrim Polresta Malang Kota, langsung bergerak cepat menyelidiki kasus kekerasan tersebut. Hasilnya, satu peserta demonstrasi berinisial HL berusia 23 tahun ditetapkan sebagai tersangka.

Wakapolresta Malang Kota, AKBP Totok Mulyanto Diyono mengungkapkan, berdasarkan bukti-bukti yang ada, akhirnya satu peserta demonstransi ditetapkan sebagai tersangka. "Tersangka berinisial HL, warga Jayapura, Papua, berstatus sebagai mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) di Kota Malang," tegasnya.

Totok mengatakan, barang bukti yang berhasil disita antara lain sepatu sebelah kanan yang ditemukan di dalam truk Dalmas Polresta Malang Kota, satu sepatu yang dikenakan oleh tersangka, celana jins, serpihan kaca, dan kendaraan dinas.



Tersangka dijerat pasal 351 ayat 1 KUHP tentang penganiayaan dengan ancaman pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan, atau pidana denda paling banyak Rp4.500, dan pasal 406 KUHP tentang perusakan . "Saat ini tersangka kami tahan," tegas Totok.

Dari hasil pemeriksaan sementara, tersangka HL mengaku kepada petugas penyidik Satreskrim Polresta Malang Kota, nekat melakukan aksi kekerasan dan perusakan , karena emosi saat melihat teman-temannya belum naik ke dalam truk, namun truk sudah jalan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2465 seconds (0.1#10.140)