Penampakan Ribuan Makam Terendam Banjir di Indramayu

Senin, 27 Februari 2023 - 18:26 WIB
loading...
Penampakan Ribuan Makam Terendam Banjir di Indramayu
Penampakan ribuan makam di Indramayu teremdam banjir usai daerah itu diguyur hujan deras dalam dua hari terakhir. Foto: MPI/Andrian Supendi
A A A
INDRAMAYU - Hujan deras kembali mengguyur Indramayu sejak dua hari terakhir. Akibatnya, ribuan makan di areal komplek pemakaman keramat Ki Kuwu Jaga Pura, Desa Pekandangan, Kecamatan, Kabupaten Indramayu, terendam banjir , Senin (27/2/2023).

Dari pantauan di lokasi, sebagian besar dari makam-makam tersebut hanya terlihat bagian nisannya saja. Sementara, bagian badan makam maupun jalan makam di areal pemakaman tertutup genangan air.



Salah seorang warga, Nuryadi menyampaikan, total ada sekitar 1.500 makam di sana terendam banjir. "Banjir sebenarnya sudah terjadi sejak kemarin, tapi masih becek-becek. Namun semalam hujannya deras, jadi parah kayak begini," ujar dia.



Nuryadi menuturkan, meski ribuan makam lainnya terendam banjir. Namun, untuk makam Ki Kuwu Jaga Pura tidak sampai terendam. Terlebih, lanjut dia, areal makam tersebut juga dibangun semacam pendopo sebagai bentuk penghormatan.

"Alhamdulillah kalau makam Ki Kuwu Jaga Pura tidak sampai terendam. Banjir hanya sampai ke pelataran pendopo makam saja," tuturnya.



Nuryadi menerangkan, Ki Kuwu Jaga Pura adalah sesepuh sekaligus kepala desa pertama di wilayah Desa Pekandangan.

Menurut dia, sosoknya pun diketahui merupakan penyebar agama Islam. Semasa hidupnya, Ki Kuwu Jaga Pura juga sangat dihormati masyarakat.

Karenanya, makam Ki Kuwu Jaga Pura hingga saat ini tidak pernah sepi didatangi peziarah. "Suka ada saja peziarah yang datang ke sini untuk mendoakan beliau," tukasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)