KKB Kalimantan Tengah Inisiasi Penerbitan Al-Qur’an Terjemahan Bahasa Dayak Bakumpai

Kamis, 23 Februari 2023 - 18:27 WIB
loading...
KKB Kalimantan Tengah Inisiasi Penerbitan Al-Qur’an Terjemahan Bahasa Dayak Bakumpai
Peringatan Milad ke 70 Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) dihadiri tumpah ruah ribuan warga Bakumpai, baik yang berdomisili di Kota Palangka Raya dan warga Bakumpai dari kabupaten di Kalimantan Tengah.
A A A
KALTENG - Peringatan Milad ke 70 Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) dihadiri tumpah ruah ribuan warga Bakumpai, baik yang berdomisili di Kota Palangka Raya dan warga Bakumpai dari Kabupaten di Kalimantan Tengah. Syukuran Milad ke 70 ini diselenggarakan di Aula Darussalam Komplek Masjid Raya Darussalam Palangka Raya, setelah sebelumnya sore hari dilaksanakan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, di Masjid Raya Darussalam, Kamis (22/02).

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah H. Nuryakin beserta istri Hj. Anitha Nuryakin hadir langsung pada perhelatan akbar tersebut. Sekda Nuryakin saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Tengah menyampaikan harapannya agar Keluarga Bakumpai dapat terus bergerak dalam membangun Bumi Tambun Bungai, mampu berkontribusi besar dari berbagai aspek untuk mewujudkan visi besar Kalteng Makin BERKAH.

“Besar harapan kami, melalui momentum Milad ke 70 KKB ini, seluruh warga Bakumpai yang ada di Kalimantan Tengah khususnya, dapat mengawinkan pemahaman, menjawet kebersamaan yang utuh untuk bersama-sama mebangun Kalimantan Tengah yang kita cintai bersama ini ” Ucapnya.

Masih menurut Nuryakin, menurut sensus penduduk tahun 2000 warga Bakumpai di Kalimantan Tengah berjumalah 135.297 jiwa, belum termasuk di Kalimantan Selatan berjumlah 20.609 jiwa, Kalimantan Timur 1000 jiwa, selain itu warga bakumpai yang juga ada di provinsi lain.

“Itu sensus 12 tahun lalu, tentu saat ini angka itu terus bertambah seiring berjalannya waktu, ini merupakan potensi besar bagi warga Bakumpai, untuk ikut andil dalam membangun. Peningkatan SDM harus menjadi priorotas untuk menjawab tantangan era saat ini, khususnya transformasi digital, warga Bakumpai harus ada yang berperan di semua sektor, dan harus mampu menjadi agen perubahan sekurangnya di lingkungannya masing-masing”tegasnya.

Ia juga menekankan kepada generasi milenial Bakumpai, jangan lengah dan tergerus dan terdegradasi, sehingga tercabut dari akar dan jati diri warga Bakumpai itu sendiri“ Pertahaankan jati diri, generasi muda adalah tumpuan kita bersama untuk melestarikan adat istiadat dan budaya Bakumpai, rebut peluang menguasai IPTEK dan tidak mengabaikan IMTAQ sebagai landasan kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara” bebernya.

Dalam peringatan Milad ke 70 tersebut, satu momentum yang akan menjadi tonggak sejarah, telah ditandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama antara Pengurus Daerah KKB Prov. Kalteng dengan Balai Bahasa Prov. Kalteng, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Prov. Kalteng tentang Penerjemahan Al-Quran ke Bahasa Dayak Bakumpai. Para pihak yang melakukan tanda tangan diantaranya Pihak Pertama Ketua KKB Prov. Kalteng H. Suriansyah Murhaini, Pihak Kedua Balai Bahasa Prov. Kalteng Abdul Muis, Pihak Ketiga IAIN Palangka Raya H. Khairil Anwar dan Pihak Keempat LPTQ Prov. Kalteng H. Nuryakin.

“Ini momentum besar, kita telah menandatangani nota kesepahaman tentang penerbitan Al-Qur’an terjemahan kedalam bahasa Dayak Bakumpai. Warga Bakumpai di Kalimantan Tengah yang sebagian besar mendiami sepanjang DAS Barito dan Tumbang Samba Kabupaten Katingan, meskipun didominasi oleh pemeluk agama Islam, Insya Allah akan selalu menjadi Rahmatan Lil Alamin, menjadi rahmat bagi seluruh wara diseklilingnya dan umat lainnya. Menerbitkan Al-Qur’an terjemahan dalam bahasa Bakumpai adalah langkah yang tepat, disamping melestarikan bahasa, juga menjaga marwah bahasa bakumpai tetap terjaga kemurnian dan keindahan tata bahasanya” pungkas Nuryakin.

Sebagai Informasi, H. Nuryakin saat ini menjabat Sekretaris Daerah dan Ketua Umum LPTQ Provinsi Kalimantan Tengah, ditunjuk dan dipercayakan sebagai Ketua Tim Penerjemah Al-Qur’an kedalam Bahasa Bakumpai, didampingi ahli penerjemah dari berbagai disiplin dan dibantu tim sekretariat, sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Bakumpai Kalimantan Tengah, Nomor : 08/SK/PD-KKB/KT/II/2023.

Momentum Millad ke 70 KKB benar-benar menjadi ajang silaturahmi warga Bakumpai, baik yang berdomisil di Kalimantan Tengah, sebagian warga Bakumpai dari Kalimantan Selatan pun berdatangan, tak terkecuali Ketua KKB Pusat Yuni Abdi Nur Sulaiaman HB, dalam sambutannya menekankan pentingnya merawat persatuan dan kesatuan dalam memasuki tahun politik jelang Pemilu 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)