Pentingnya Etika dan ‘Budidaya’ dalam Ruang Digital

Senin, 20 Februari 2023 - 22:13 WIB
loading...
A A A
Budidaya digital, sambung Andie, berkait erat dengan literasi digital. Dengan literasi digital misalnya, seseorang dapat terhindar dari perpecehan di media sosial akibat kabar hoaks atau disinformasi. Namun menurutnya, budidaya digital di Indonesia masih terbilang rendah.

Hal ini ditunjukan dengan aktivitas budidaya digital masyarakat Indonesia yang baru terkait dengan sektor pendidikan saja. Sementara itu, Singapura tak hanya menggunakan internet untuk pendidikan, tetapi juga untuk mengelola kekuangan, mengurus bisnis, mengorganisasi kehidupan sehari-hari, dan membangun jaringan bisnis.

Andie Wibianto menjelaskan ciri khas masyarakat moderen yang berbudidaya digital. Pertama, akselerasi sains dan tekonologi. Kedua, tumbuhnya beragam inovasi dan disrupsi teknologi. Ketiga, perubahan signifikan dalam bisnis dan ekonomi digital. Keempat, komposisi tenaga kerja berdasarkan ragam keahlian yang semakin spesifik.

Ia membagikan tips dari kampus Rasmussen Amerika Serikat agar budidaya digital berjalan baik. Pertama, riset tentang platform-platform yang terkait kesukaan masing-masing.

Kedua, menguasai istilah teknis dari platform tersebut. Ketiga, bangun kolaborasi dalam satu ekosistem. Keempat, tetap beradaptasi dengan teknologi termutakhir. Kelima, ajarkan teknologi yang dikuasai kepada orang lain.

Untuk bisa terus mendapatkan informasi ter-up to date mengenai kegiatan Zoom Bareng dan kegiatan seru lainnya, dapat dilihat di info.literasidigital.id atau follow media sosial Literasi Digital Kominfo.
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2303 seconds (0.1#10.140)