Asal Usul Nama dan Sejarah Kabupaten Barru, Tanah Kelahiran Ferdy Sambo

Rabu, 15 Februari 2023 - 13:23 WIB
loading...
A A A
2. Daerah otonom Soppeng Riaja yang merupakan penggabungan 4 Kerajaan Lili di bawah bekas Kerajaan Soppeng (Sekarang Kabupaten Soppeng) Sebagai Satu Self bestuur, ialah bekas Kerajaan Lili Siddo, Lili Kiru-Kiru, Lili Ajakkang dan Lili Balusu.

3. Daerah otonom Barru yang sekarang menjadi Kecamatan Barru dengan lbu Kotanya Sumpang Binangae yang sejak semula memang merupakan suatu bekas kerajaan kecil yang berdiri sendiri.

4. Daerah otonom Tanete dengan pusat pemerintahannya di Pancana, daerahnya sekarang menjadi 3 Kecamatan, masing-masing Kecamatan Tanete Rilau, Kecamatan Tanete Riaja dan Kecamatan Pujananting.

Dari keempat daerah otonom tersebut pada awal kemerdekaan Indonesia membentuk satu pemerintahan yakni, Kabupaten Parepare. Namun setelah adanya UU No. 29 Tahun 1959 beberapa wilayahnya mulai menjadi kabupaten baru termasuk daerah otonom Barru.

Pada tanggal 20 Februari 1960 menjadi awal berdirinya pemerintahan Kabupaten Barru dengan ibu kota Barru. Pembentukan kabupaten ini berdasarkan dengan Undang-Undang Nomor 229 tahun 1959 tentang pembentukan Daerah-daerah Tingkat II di Sulawesi Selatan.

Sejak awal pembentukannya, Kabupaten Barru telah terbagi menjadi 7 Kecamatan yang memiliki 40 Desa dan 14 Kelurahan, berada ± 102 Km di sebelah Utara Kota Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan.

Asal-usul Nama Kabupaten Barru

Dikutip dari laman attoriolong, bahwa asal usul dari nama Barru berasal dari pohon kayu yang dinamai dengan Aju Berru. Pohon tersebut jumlahnya sangat banyak dan memiliki banyak manfaat antara lain sebagai bahan pembuatan rumah hingga obat-obatan.

Dengan keunikan pohon berru di wilayahnya, kemudian pemerintahan Belanda menulisnya dengan kata Barroe atau Barru. Namun bagi masyarakatnya sendiri untuk penyebutan Kabupaten maupun kecamatan terkadang masih menggunakan kata Berru.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2480 seconds (0.1#10.140)