Netizen Geram! Copet Bergentayangan di Masjid Raya Al Jabbar

Selasa, 31 Januari 2023 - 18:37 WIB
loading...
A A A


Menyikapi fenomena tersebut, Polrestabes Bandung melalui akun Instagramnya juga memberikan respons. Mereka berjanji akan meningkatkan patroli di Masjid Raya Al Jabbar.

"Terima kasih atas informasinya akan kami ingatkan kembali ke semua pihak untuk meningkatkan lagi giat pemantauan di lokasi-lokasi yang terdapat kerumunan massa," tulis @polrestabesbandung.

Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Jabar Ade Afriandi mengatakan, aksi kejahatan di Masjid Raya Al Jabbar bukan kali ini saja terjadi. Tindakan premanisme berupa pemalakan pun terjadi di masjid milik Provinsi Jabar ini.

"Tanggal 24 Januari sudah menangkap yang melakukan pemaksaan atau pemalakan, kemarin kita menangkap yang terduga pencopetan," kata Ade Afriandi, Selasa (31/1/2023).

Sejak Masjid Raya Al Jabbar diresmikan hingga 15 Januari 2023 lalu, pihaknya sudah menerima sekitar 500 pengaduan. Salah satu alasan masih banyaknya pengaduan adalah keterbatasan personel untuk memantau aktivitas seluruh pengunjung masjid.



Ade Afriandi juga menjelaskan bahwa pengaduan pencopetan itu terjadi saat libur panjang, beberapa waktu lalu. Ketika itu, pengunjung Masjid Raya Al Jabbar sangat membeludak.

Terkait personel pengamanan, Ade Afriandi menjelaskan bahwa pengamanan hanya didukung personel Satpol PP Jabar, Satpol PP Kota Bandung, satpam yang direkrut khusus pihak masjid dan tenaga bantuan dari dinas lingkup Pemprov Jabar.

"Total 80-100 personel. Kalau pada saat libur panjang kita perkirakan penuh sekitar 10.000 (pengunjung). Kalau di kami 100 berbanding 10.000 yang berkunjung, tidak sepadan," beber Ade.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)