5 Gunung di Indonesia Meletus 2022, Semeru Paling Dahsyat

Selasa, 27 Desember 2022 - 07:47 WIB
Untuk aktifitas Kegempaan BPPTKG mencatat dalam minggu ini kegempaan Gunung Merapi di antaranya 19 kali awan panas guguran , 5 kali gempa vulkanik dangkal (VTB), 44 kali gempa fase banyak (MP), 1.118 kali gempa guguran (RF), 19 kali gempa hembusan (DG), dan 3 kali gempa tektonik (TT).



4. Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau 2 Kali Erupsi dalam Sehari, Semburan Abu Capai 2.500 Meter

Gunung Anak Krakatau di Lampung erupsi Senin (18/7/2022). Laporan Badan Geologi, telah terjadi erupsi G Anak Krakatau, Lampung, erupsi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.500 meter di atas puncak (+ 2.657 di atas permukaan laut).

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi + 1 menit 13 detik, " ungkap laporan Badan Geologi.

Badan Geologi melaporkan tidak terdengar suara dentuman atas peristiwa itu. Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level Ill (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat/pengunjung/wisatawan/ pendaki tidak mendekati G. Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.



5. Ili Lewotolok

Gunung Ili Lewotolok meletus, warga diminta untuk mewaspadai guguran material lapuk dari puncak, yang memicu terjadinya awan panas guguran. Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi gunung di Lembata, NTT tersebut, terjadi Jumat (11/2/2022) pukul 07:43 WITA.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More