Kisah Legenda Banyuwangi, Tragedi Kesetian Cinta Sri Tanjung pada Patih Sidopekso yang Berujung Petaka Berdarah

Minggu, 07 Agustus 2022 - 08:45 WIB
Melihat air sungai jernih seperti kaca, dan beraroma harum. Hati Patih Sidopekso luluhlantak. Dia menangis sejadi-jadinya, lalu tubuhnya terhuyung-huyung dan terjatuh ke sungai. "Banyu...wangi...banyu...wangi...banyu...wangi...," jerit Patih Sidopekso.

Jeritan Patih Sidopekso inilah, yang akhirnya di dengar oleh rakyat dan menamai daerah tersebut dengan Banyuwangi. Banyuwangi, memiliki arti air harum sebagai bukti cinta dan kesetiaan Sri Tanjung yang cantik jelita kepada suaminya.

Terlepas dari legenda rakyat tersebut, Banyuwangi yang dahulu merupakan tanah Blambangan, merupakan daerah yang keramat dan sulit ditundukkan sejak masa Kerajaan Majapahit, Bali, hingga VOC Belanda.



Dalam situs banyuwangikab.go.id disebutkan, para pejuang dari tanah Blambangan, tak henti-hentinya harus bertempur habis-habisan untuk mempertahankan wilayah yang juga memiliki julukan Bumi Osing ini.

Salah satu catatan sejarah itu, menyebutkan pada tanggal 18 Desember 1771 terjadi puncak perang Puputan Bayu menghadapi VOC Belanda. Perang besar dan penghabisan itu, didahului dengan peristiwa penyerangan para pejuang Blambangan di bawah pimpinan Pangeran Puger, yang merupakan putra Wong Agung Wilis, ke benteng VOC di Banyualit pada tahun 1768.

Sayang peristiwa penyerangan itu, tidak tercatat secara lengkap tanggalnya. Selain itu, ada kesan bahwa dalam penyerangan itu para pejuang Blambangan kalah total, sementara VOC Belanda terkesan tidak menderita kerugian apapun.

Pangeran Puger yang memimpin penyerangan itu gugur. Sedangkan Wong Agung Wilis, tertangkap dan terluka setelah Lateng dihancurkan. Wong Agung Wilis akhirnya dibuang oleh VOC Belanda ke Pulau Banda.

Berdasarkan data sejarah, nama Banyuwangi terkait erat dengan kejayaan Blambangan. Tanah di timur Pulau Jawa ini, dipimpin Pangeran Tawang Alun (1655-1691), dan dilanjutkan oleh Pangeran Danuningrat (1736-1763).

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More