Tradisi Wayang Menolak Punah di Tengah Gerusan Zaman

Senin, 08 November 2021 - 05:40 WIB
Menariknya lagi, para profesor yang melakonkan wayang orang tersebut berasal dari berbagai suku daerah di Indonesia, dan rata-rata baru kali pertama ini bermain dalam wayang orang.

Para profesor yang menjadi pemeran wayang dalam pagelaran ini, antara lain Rektor ITS, Mochamad Ashari sebagai Harjuna Sasrabahu, Wakil Rektor I ITS Adi Soeprijanto sebagai Sumantri, Surya Rosa Putra sebagai Patih Suroto, Tri Yogi Yuwono sebagai Prabu Citra Sudarma, dan Muhammad Sigit Darmawan sebagai Kumbakarna.

Selain itu ada Ridho Bayuaji sebagai Raden Citra Kesuma, Hamzah Fansuri sebagai Wibisono, Agus Rubiyanto sebagai Dosomuko, Nadjadji Anwar sebagai Semar, Suasmoro sebagai Bagong, Budisantoso Wirjodirdjo sebagai Petruk, dan Bangun Muljo Sukojo sebagai Gareng.



Dalang Imam Robandi mengisahkan, Harjuna Sasrabahu yang ingin melamar Dewi Citrowati, namun Harjuna atau Arjuna harus bersaing dengan Dosomuko yang ingin melamar perempuan yang sama.

Arjuna membuat sayembara untuk membunuh Dosomuko dengan memerintahkan Sumantri. Singkat cerita, Sumantri ceroboh dalam melaksanakan tugasnya. Cerita diakhiri dengan Sumantri yang dinasihati oleh Arjuna untuk selalu ingat delapan karakter dasar manusia.

Sementara Mochamad Ashari menuturkan, fokus ITS tidak hanya mengembangkan teknologi, namun sekaligus menggabungkan teknologi dengan budaya daerah. Wayang dipilih menjadi tradisi pagelaran setiap Dies Natalis ITS karena budaya daerah ini terkandung banyak filosofi hidup. "Harapannya melalui pagelaran wayang ini, kami berkomitmen untuk melestarikan budaya daerah," katanya.

Acara nonton bersama pagelaran wayang ini juga, mendapat apresiasi yang luar biasa dari Ki Sigit Ariyanto selaku dalang pada pagelaran wayang kulit pembukaan Dies Natalis ke-61 ITS. Dalam apresiasinya, Sigit menyampaikan bahwa pertunjukkan wayang ini layak untuk mendapat penghargaan. "Saya sangat terkagum, sebab belum tentu setiap dalang mampu menciptakan pertunjukkan wayang seperti ini," jelasnya.
(eyt)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More