Lewat Pendekatan Budaya, GMP Yakin Ganjar Kian Dikenal Masyarakat Jabar

Kamis, 28 September 2023 - 12:02 WIB
loading...
Lewat Pendekatan Budaya, GMP Yakin Ganjar Kian Dikenal Masyarakat Jabar
Relawan GMP menggelar pentas kesenian tradisional Bajidor di Udjo Ecoland, Cimenyan, Bandung, Rabu (27/9/2023). Kegiatan ini sebagai upaya memperkenal Ganjar Pranowo ke masyarakat Jabar. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - Relawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) memperkenalkan sosok capres Ganjar Pranowo melalui pendekatan budaya. Lewat budaya, Ketua Umum GMP Rendra Wibawa yakin Ganjar Pranowo mampu dikenal masyarakat Jawa Barat di berbagai kalangan.

"Daya tarik masyarakat terhadap kesenian khas Jawa Barat masih cukup tinggi. Berdasarkan data terkait pendekatan-pendekatan yang bisa dilakukan kepada Masyarakat Jawa Barat, nomor satu itu ada pendekatan agama, kemudian budaya itu menjadi pendekatan kedua. Ini upaya yang bisa dilakukan oleh kita ketika ingin melakukan pengenalan kepada sosok Presiden," katanya dalam pentas kesenian tradisional Bajidor di Udjo Ecoland, Cimenyan, Bandung, Rabu (27/9/2023).

Dalam beberapa kesempatan GMP kerap memberikan ruang dan kesempatan terhadap pelaku kesenian tradisional Jawa Barat. Hal tersebut dirasa penting dalam menjaga kelestarian dan eksiatensi kesenian tradisional kepada masyarakat dari berbagai kalangan.

"Bajidor kita tahu adalah salah satu kesenian Sunda. GMP dalam beberapa kesempatan melakukan apresiasi terhadap kesenian tradisional dan pelaku seni yang ada di Jawa Barat dalam rangka ’menjabarkan’ Pak Ganjar seperti yang jadi visi GMP," lanjutnya.

Dalam pentas seni tersebut GMP berkolaborasi bersama Saung Angklung Udjo. Pentas tersebut mendapatkan animo yang cukup tinggi dari masyarakat. Terbukti, hingga malam hari semakin dipadati oleh pengunjung yang hadir menikmati acara tersebut.

"Pertunjukan hari ini kita mendapatkan antusiasme dari Masyarakat, bisa kita lihat dari acara hari ini yang sudah mendaftarkan diri melalui form online ada 300 orang, tapi yang datang melebihi. Artinya, di sini kita bisa menyosialisasikan secara tidak langsung sosok Pak Ganjar dibalut dengan kesenian," tandasnya.

Pada kesempatan sebelumnya, GMP sempat mengadakan pentas seni tradisional wayang dan bergerak. Hingga pada akhirnya menyaring banyak ide untuk mengagendakan kegiatan kesenian tradisional lanjutan.

Selama menggaet pelaku seniman, Rendra mengaku banyak mendengar ide-ide kreatif dari seniman. Hal tersebut menjadi salah satu acuan GMP dalam merencanakan strategi menysosialisasikan sosok Ganjar Pranowo.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3161 seconds (0.1#10.140)