Pemerintah Kabupaten Lembata Gencarkan Sektor Pariwisata sebagai Leading Sector Percepatan Ekonomi

Kamis, 31 Desember 2020 - 18:17 WIB


Lembata juga menyimpan potensi laut, yang oleh kelompok Soga Genan, Desa Babokerong Loang, menyulap sedikit potensi lautnya untuk menghasilkan rumput laut berkualitas. Semangat masyarakat inilah yang mendorong Pemerintah Kabupaten menetapkan, Desa Babukerong sebagai desa tematik rumput laut. “Sebagai bupati, ini saya harus mengenali seluruh karakter mana yang bisa kita angkat dan itu pilihan saya di pariwaisata. Karena kita bukan bicara tentang daya tarik saja, tapi kita juga bicara tentang masyakaratnya, kita bicara tentang budayanya, tentang pertaniannya,” ucapnya.

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat telah menepati janjinya untuk membangun ruas jalan ke Lamalera, Kabupaten Lembata. Hal itu telah dibahas dan disetujui KUA PPAS 2021 Provinsi NTT, senilai Rp 19,5 miliar untuk pembangunan jalan ke Lamalera sepanjang 18 kilometer, terkait jalan Waijarang-Wulandoni, khususnya dari Penekene sampai Lamalera.

Pemerintah Provinsi NTT berkomitmen untuk membuka akses jalan ke Lamalera, sebagai destinasi pariwisata yang sudah mendunia. Aksesibilitas adalah faktor terpenting dalam membangun pariwisata, menjadi sektor yang berpengaruh pada kebangkitan dan kesejahteraan masyarakat NTT.

Pariwisata di NTT harus dibangun dalam konsep yang komprehensif, yang mencakup 5 A, yakni terkait Atraksi, Aksesibilitas, Akomodasi, Amenitis, Awareness. Lamalera sudah menjadi destinasi yang aktraktif, mampu menarik perhatian dunia. Dan untuk itu Pemprov NTT sudah membangun home stay, yang bekerja sama dengan penduduk setempat.

Diharapkan agar aspek Amenitis, bisa bertumbuh melalui inisiatif warga setempat, untuk menghadirkan kuliner bagi para wisatawan yang berkunjung ke Lamalera. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan kesadaran (Awareness) dari warga maupun penyelenggara atau Pemerintahan Lokal untuk memanfaatkan sektor pariwisata di Lamalera. Termasuk dengan menjaga kebersihan, serta menjaga kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan.

“Lembata memiliki beragam destinasi wisata ekslusif, beda dengan yang lain.Keunikan dan ekslusifnya seperti apa, datang dan rasakan langsung," pungkas Bupati Sunur.
(ars)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More