Dukung Distinasi Super Premium, Kapolres Mabar Gagas ESIS di Labuan Bajo

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 15:28 WIB
Kapolres Mabar, AKBP Bambang Hari Wibowo menggagas Electronic Securing Integrated System (ESIS) untuk mendukung destinasi wisata super premium Labuan Bajo. Foto/Ist
MANGGARAI BARAT - Kapolres Manggarai Barat (Mabar), AKBP Bambang Hari Wibowo mendukung penetapan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium dengan mengusung gagasan yang juga super premium, yaitu Electronic Securing Integrated System (ESIS).

Kapolres menuturkan, gagasan super premium tersebut sudah mulai dieksekusi secara bertahap di Labuan Bajo. Intinya, ESIS adalah strategi pengembangan destinasi wisata dengan mensinergikan kekuatan pemerintah dan kekuatan sektor swasta, berbasis teknologi informasi (IT) yang modern. (Baca juga: Gugatan Anak Mantan Kakorlantas Djoko Susilo Kandas di PN Solo)



"Kita tahu, Labuan Bajo merupakan destinasi super premium pertama dan baru satu-satunya di Indonesia. Labuan Bajo berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Boleh dibilang, selain Bali, Labuan Bajo adalah destinasi wisata kedua terpopuler di Indonesia. Bukan hanya di kalangan wisatawan Nusantara, tapi juga bagi wisatawan mancanegara. Keindahan bertabur di seluruh pulau, di semua pantai, hingga di kedalaman lautan," ujarnya dalan keterangan tertulis, Jumat (28/8/2020). (Baca juga: Serangkaian Teror Pembunuhan Sadis, Pemuda Yahukimo Minta Diusut Tuntas)

Menurut dia, semua itu natural, alami. Bukan pulau buatan, bukan pantai reklamasi, dan bukan pula pesona dasar laut yang direkayasa. Karena itulah, bagi Indonesia, Labuan Bajo adalah aset wisata yang sangat berharga. Sangat tepat Labuan Bajo ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai destinasi super premium pada 2 Agustus 2016 lalu. Dengan dukungan ESIS yang digagas Kapolres Mabar, AKBP Bambang Hari Wibowo ini maka seluruh lini pengelolaan Labuan Bajo akan dilakukan dengan cara-cara yang juga super premium.



Model berwisata secara smart tourism ini mulai diterapkan sejak 15 Juni 2020 lalu. Dengan demikian, sebelum menuju ke Labuan Bajo, wisatawan sudah memilih destinasi apa saja yang hendak dikunjungi dan jenis akomodasi apa saja yang hendak dinikmati di sana. Berwisata secara terencana seperti itu adalah layanan premium wisata yang pertama di Indonesia.

Teronbosan ini memang pilot project wisata yang kelak akan diterapkan di berbagai destinasi wisata yang relevan di tanah air. Wisata terencana seperti ini, bukan hanya menguntungkan wisatawan tapi sekaligus menguntungkan para investor wisata yang ada di Labuan Bajo. Harapan serta kebutuhan wisatawan langsung bisa dipetakan oleh pengelola dan investor wisata, sebelum wisatawan tiba di Labuan Bajo.

Penetapan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium, langsung disambut oleh para investor pariwisata, dengan menggelontorkan investasi mereka di berbagai kawasan kabupaten itu. Hal ini tentu saja menggerakkan roda ekonomi masyarakat, secara langsung maupun tidak langsung. Dampak ekonomi tersebut adalah bagian dari agenda besar Presiden Jokowi untuk menyejahterakan rakyat.

AKBP Bambang Hari Wibowo sangat paham akan agenda nasional itu. Makanya, AKBP Bambang Hari Wibowo jauh-jauh hari sudah berkomitmen untuk menjamin keamanan para investor pariwisata di kawasan Manggarai Barat. Kepada para investor, dia meyakinkan untuk tak perlu ragu untuk berinvestasi di Manggarai Barat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More