Cegat Truk di Tol Banyumanik, Bea Cukai Semarang Sita 1,4 Juta Batang Rokok Ilegal

Senin, 07 Agustus 2023 - 13:50 WIB


Pada semester pertama tahun ini, Bea Cukai Semarang telah melakukan 112 kali penindakan peredaran rokok ilegal dengan total jumlahnya 12,1 juta batang perkiraan nilai barangnya Rp15,28 miliar dan potensi kerugian negaranya Rp10,47 miliar.

“Wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah rawan karena ada jalur tol dan non-tol, banyak dilewati banyak pelaku usaha,” sambung Budy.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Semarang Agung Mardiwibowo menyebut saat ini pihaknya menerima berkas terkait kepabeanan sebanyak 10 berkas, terdiri dari 7 perkara rokok ilegal dan 3 perkara cetak cukai palsu.

“Sekarang baru saja terima 4 SPDP (Surat Perintah Dimulai Penyidikan) tentang rokok ilegal. Kami siapkan surat dakwaannya,” kata Agung.

Menurutnya, dari ancaman hukuman yang ada, pihaknya tentu akan mengajukan banding apabila putusan alias vonis pengadilan masih kurang dari setengah tuntutan.

“Vonis tertinggi paling nggak sekitar 2 tahun, sampai 2 tahun 6 bulan dan denda-denda berapa miliar lah, kalau barang bukti kan ada tiga, dikembalikan ke yang berhak, dirampas untuk negara yang punya nilai ekonomis dan dimusnahkan, nah besok kami ada pemusnahan,” tutupnya.
(hri)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More