Rusak berat, ribuan rumah warga Kediri belum diperbaiki

Kamis, 20 Februari 2014 - 12:56 WIB
Rusak berat, ribuan rumah warga Kediri belum diperbaiki
Rusak berat, ribuan rumah warga Kediri belum diperbaiki
A A A
Sindonews.com - Ribuan rumah di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, masih rusak akibat letusan Gunung Kelud. Hingga kini, warga pemilik rumah masih belum bisa berbenah setelah bantuan yang mereka harapkan belum terealisasi.

Ribuan rumah itu berada di Desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Setidaknya ada sekira 3.000 rumah warga yang rusak parah di daerah ini, setelah terkena material letusan Gunung Kelud.

Hingga kini, bila pagi dan sore hari, tampak sejumlah warga masih bertahan untuk membersihkan sisa abu vulkanik di rumah mereka. Mereka harus bertahan di pengunsian saat malam hari, akibat tempat tinggal mereka tidak bisa dihuni.

Suryanto, slaah seroang pemilik rumah mengatakan, sampai kini pemerintah setempat belum tanggap terhadap kondisi kerusakan pemukiman warga, di Kecamatan Puncu. Bahkan hingga kini, warga belum menerima bantuan terkait kerusakan rumah tersebut.

Sementara itu, Syaifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur mengatakan, kerugian warga akan dibantu oleh pemerintah, di mana secara teknis akan dijalankan oleh pemerintah daerah.

Berdasarkan data yang tercatat di Posko Utama Penanggulangan Becana Kelud, di Kecamatan Puncu, rumah yang mengalami rusak berat sejumlah 3.000, 488 rusak sedang, dan 937 rumah rusak ringan.

Sedangkan di Kecamatan Kepung, rumah yang mengalai rusak berat mencapai sekira 2.000, 288 rumah rusak sedang, dan 318 rumah rusak ringan.

Sementara di Kecamatan Nangcar, rumah warga yang rusak berat berjumlah 143, rusak ringan 5.000 ribu, dan 88 rumah rusak ringan. Untuk di Kecamatan Plosoklaten, rumah yang rusak berat berjumlah 105.

Baca juga:
Pulang, pengungsi Kelud sedih berpisah dengan relawan
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8211 seconds (0.1#10.140)