Tim SAR sisir pegungsi di ring 1 Gunung Kelud

Sabtu, 15 Februari 2014 - 13:38 WIB
Tim SAR sisir pegungsi di ring 1 Gunung Kelud
Tim SAR sisir pegungsi di ring 1 Gunung Kelud
A A A
Sindonews.com - Hari kedua pasca letusan Gunung Kelud, Tim SAR melakukan penyisiran di ring satu, sekitar 2 kilomter dari Kawah Gunung Kelud.

Meski rekomendasi 10 kilometer dari bibir kawah belum dicabut oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), banyak warga yang naik untuk melihat tempat tinggalnya pasca erupsi tersebut.

Kelas A Surabaya Sumpeno Yuwono mengatakan, sebelumnya Tim SAR juga telah melakukan penyisiran untuk wilayah ring 1, yakni 2 kilometer dari bibir kawah.

"Tepatnya di Desa Kebon Rejo Tim SAR juga melakukan penyisiran apakah ada pengungsi yang tertinggal," kata Sumpeno, saat dihubungi wartawan, Sabtu (15/2/2014).

Hasilnya, Tim SAR tidak menemukan satu pengungsi yang tertinggal. Hanya saja, beberapa binatang ternak memang masih tertinggal di kawasan tersebut. Kali ini, penyisiran itu dilakukan lantaran banyak warga yang naik untuk melihat tempat tinggal dan mereka akan melakukan pembersihan pasir dan batu akibat erupsi gunung Kelud itu.

Kali ini, Tim SAR akan melakukan penyisiran lagi dari radius 2 kilometer. "Warga memang mengira sudah aman dan mereka banyak yang kembali. Padahal, rekomendasi titik aman belum dicabut oleh PVMBG. Takutnya nanti terjadi apa-apa," terangnya.

Dalam melakukan penyisiran itu, Tim SAR akan berkoordiansi dengan PVMMBG dan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi, kabupaten dan aparat. Sifatnya adalah memback up.

Untuk erupsi Gunung Kelud ini, Tim SAR menerjukan 50 personel gabungan dari SAR Juanda, Malang, SOlo, dan Trenggalek. "Kita kordinasi dulu," tukas Sumpeno.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6662 seconds (0.1#10.140)