Hujan abu Kelud menyebar di seluruh wilayah Garut

Jum'at, 14 Februari 2014 - 22:44 WIB
Hujan abu Kelud menyebar di seluruh wilayah Garut
Hujan abu Kelud menyebar di seluruh wilayah Garut
A A A
Sindonews.com - Seluruh wilayah di Kabupaten Garut dihujani abu vulkanik Gunung Kelud. Laporan mengenai sebaran abu ini, setidaknya datang dari berbagai kecamatan di wilayah Garut.

Wakil Bupati (Wabup) Garut Helmi Budiman mengimbau, warga tidak panik dengan kondisi hujan abu tersebut. Dia pun menyarankan agar warga menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Saya mengimbau agar masyarakat tidak khawatir dan tetap tenang. Perbanyak aktivitas di dalam rumah. Jika ingin keluar rumah, gunakan masker agar kesehatan tidak terkena dampak negatif,” kata Helmi, usai pelantikan kepala desa di Kecamatan Leles, Jumat (14/2/2014).

Helmi yang berlatar belakang sebagai dokter ini pun menginstruksikan agar tenaga medis di setiap puskesmas kecamatan siaga. Hal ini merupakan langkah antisipasi bila dampak negatif dari sebaran abu ini menjangkiti kesehatan masyarakat.

“Meski tidak ada yang perlu dicemaskan, semua pihak terkait saya minta untuk tetap menjaga kewaspadaan,” terangnya.

Hujan vulkanik Gunung Kelud merata terjadi di wilayah Garut utara, tengah, dan selatan. Kecamatan yang dilanda hujan abu ini adalah Malangbong dan Limbangan (wilayah Garut utara), Karangpawitan, Wanaraja, Garut Kota, Tarogong, dan Samarang (Garut tengah), serta Pameungpeuk, Caringin, Cibalong, dan Cisewu (Garut selatan).

Baca juga:
Debu vulkanik Kelud tertiup sampai Cirebon
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.8168 seconds (0.1#10.140)