Dampak Kelud, penumpang pesawat beralih ke KA

Jum'at, 14 Februari 2014 - 21:05 WIB
Dampak Kelud, penumpang...
Dampak Kelud, penumpang pesawat beralih ke KA
A A A
Sindonews.com - Letusan Gunung Kelud yang mengeluarkan jutaan meter kubik abu vulkanik mengakibatkan sejumlah bandara dan rute penerbangan ditutup.

Kondisi itu juga terjadi di Bandara Adi Sumarmo Solo yang ditutup lantaran tertutup abu vulkanik. Penumpang pun kemudian beralih melanjutkan perjalanan dengan kereta api (KA).

Akibatnya, stasiun kereta api kebanjiran penumpang yang mengantre. Tercatat, tiket untuk hari Minggu pun sudah ludes terjual.

"Antrean sudah terlihat sejak Jumat siang. Antrean tiket ini menyusul ditutupnya Bandara Adi Sumarmo Solo sejak pukul 06.00 WIB Jumat pagi," jelas Kepala Stasiun Solo Balapan Sigit Budianto, Jumat (14/2/2014).

Sigit mengatakan, tiket kereta jurusan Solo-Jakarta-Bandung ludes terjual hingga hari Minggu. Untuk malam ini saja, KA Senja Utama, Argo Lawu, Argo Dwipangga dan Lodaya tujuan Bandung sudah penuh.

"Lonjakan penumpang hingga 20 persen. Dengan lonjakan ini, terpaksa kami menambah rangkaian kereta Argo Lawu dan Senja Utama untuk mengangkut penumpang dari tujuh gerbong menjadi delapan gerbong. Sementara untuk Argo Dwipangga tidak ada penambahan, karena sarana dan prasarana sudah dibawa ke Bandung dan Jakarta," jelasnya.

Hingga Jumat petang, antrean penumpang yang akan membeli tiket masih nampak. Mereka kebanyakan calon penumpang dengan tujuan Yogyakarta, Kutoarjo, Jakarta dan Bandung.

Baca:
Kerugian akibat letusan Kelud di Malang ratusan miliar
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)