Siaga, suhu Gunung Kelud naik 55,7 derajat celcius

Selasa, 11 Februari 2014 - 06:29 WIB
Siaga, suhu Gunung Kelud...
Siaga, suhu Gunung Kelud naik 55,7 derajat celcius
A A A
Sindonews.com - Meningkatnya status Gunung Kelud dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III) menyita perhatian masyarakat Indonesia. Pasalnya, bila gunung itu meletus, akan banyak warga di tiga kabupaten di Jawa Timur yang terancam.

Menurut keterangan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Blitar (BNPB) Yunandri, penetapan Siaga oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengacu pada frekuensi kegempaan.

Berdasarkan catatan seismik terhitung sebelum pukul 18.00 Wib Senin 10 Februari 2014, Gunung Kelud mengalami 108 kali gempa Vulkanik Dangkal (VB), 50 kali Vulkanik Dalam (VA) dan Tektonik Jauh satu kali.

Pasca pukul 18.00 WIB, terjadi VA 28 kali, VB sebanyak 91 kali, Tektonik Jauh 2 kali dan suhu kawah 56 derajat celsius.

"Dari data yang kami terima dari Pos Pantau di Ngancar, temperatur kawah gunung Kelud meningkat menjadi 55,7 derajat celcius, " ujarnya kepada SINDO, Selasa (11/2/2014).

Selain meningkatnya gempa vulkanik, kronologis yang menjadi pijakan PVMBG menaikkan status Siaga adalah terlontarnya abu yang membumbung tinggi.

Kemudian mulai muncul lava pijar yang berasal dari magma yang tertekan dari dalam perut gunung.

Dengan kenaikan status tersebut, lanjut Yunandri, zona terlarang (steril) yang sebelumnya dua kilometer dari pusat erupsi meluas menjadi lima kilometer.

"Dengan peningkatan status ini tentunya kewaspadaan masyarakat juga perlu ditingkatkan. Kendati demikian ketenangan masyarakat harus tetap terjaga," terang Yunandri.

Baca:
Gunung Kelud siaga III, masyarakat dilarang mendekat
Gunung Kelud naik status jadi siaga
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8371 seconds (0.1#10.140)