Hari Juang Kartika, momen instrospeksi diri

Senin, 16 Desember 2013 - 03:50 WIB
Hari Juang Kartika, momen instrospeksi diri
Hari Juang Kartika, momen instrospeksi diri
A A A
Sindonews.com – Peringatan Hari Juang Kartika diharapkan menjadi wahana instropeksi dan mawas diri bagi anggota TNI dalam melaksanakan tugas setahun terkahir. Dengan peringatan tersebut, diharapkan masing-masing anggota TNI dapat memberikan kontribusi maksimal kepada masyarakat.

Hal tersebut dikatakan KASAD Jend TNI Budiman dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Staf Kodam IV/ Diponegoro Brigadir Jenderal Ibnu Darmawan saat memimpin upacara peringatan Hari Juang Kartika 2013 yang digelar di Lapangan Parade markas Kodam IV di Semarang, kemarin.

“Peringatan ini hendaknya menjadi wahana instropeksi dan mawas diri dalam melaksanakan tugas setahun terkahir. Diharapkan ke depan, komitmen TNI untuk menjadi professional, modern, militant sekaligus bersemangat memperkokoh kemanunggalan dengan rakyat dapat terwujud,” ujar Ibnu membacakan amanat KASAD dihadapan ribuan pasukan.

Ibnu melanjutkan, bahwa sebagai bagian dari komponen bangsa Indonesia, TNI Angkatan Darat senantiasa tanggap dan peduli terhadap kondisi kehidupan rakyat. Anggota TNI diharapkan turut berpartisipasi dan berkontrubusi maksimal dalam menghadapi berbagai persoalan factual yang dihadapi bangsa,

“Selain itu, komitmen TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI harus terus ditegakkan. Selain itu, TNI juga berkomitmen untuk netral dan tidak terlibat dalam gerakan politik praktis. Meski begitu, kita siap mengawal demokrasi secara profesional,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ibnu menambahkan, bahwa keberhasilan TNI AD hingga saat ini tidak terlepas dari kerja keras para pendahulu dan senior. Untuk itu, mereka juga harus dijadikan tauladan dalam bagi semangat perjuangan pasukan.

“Mereka harus dijadikan suri tauladan untuk terus melakukan berbagai kegiatan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, pembangunan sarana dan prasarana wilayan, serta akselerasi di bidang kesehatan maupun pendidikan,” pungkasnya.

Upacara Hari Juang Kartika 2013 kemarin diikuti para prajurit dari berbagai kesatuan, termasuk para pegawai negeri sipil yang bertugas di markas Kodam IV Diponegoro Semarang. Tidak hanya itu, sejumlah peralatan tempur milik TNI Angkatan Darat, seperti tank, panser, meriam, serta truk pengangkut pasukan juga ikut dipajang.

Tidak hanya pasukan yang sedang bertugas, upacara tersebut juga menghadirkan para veteran di lingkungan TNI AD. Meski usia mereka mulai lanjut, namun semangat mereka masih begitu terlihat.

“Setiap mengikuti upacara seperti ini, selalu teringat masa-masa dahulu. Jadi seperti masih muda. Hari Juang Kartika TNI-AD ini adalah tanggal khusus yang khusus diperingati untuk mengenang Pertempuran Ambarawa yang dulu sebelumnya bernama Hari Infanteri,” ujar Haryono,83, purnawirawan TNI AD.

Meksi datang terlambat, Haryono dan beberapa rekannya mengaku bangga masih diberi kesempatan untuk mengikuti upacara peringatan Hari Juang Kartika. Ia berharap tetap diberi kesempatan dan kesehatan untuk mengikuti peringatan upacara tahun depan.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8130 seconds (0.1#10.140)