27 pohon mati ancam pengunjung TNGM

Rabu, 20 Maret 2013 - 19:48 WIB
27 pohon mati ancam pengunjung TNGM
27 pohon mati ancam pengunjung TNGM
A A A
Sindonews.com - Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) mengimbau kepada para pengunjung atau warga disekitar kawasannya untuk berhati-hati. Sebab, selain banyaknya pohon tua, juga terdapat 27 pohon mati akibat terkena wedus gembel (awan panas) pada erupsi Merapi 2010 yang saat ini masih berdiri.

Koordinator Pengendali Ekosistem Hutan, TNGM, Asep Nia Kurnia mengatakan, 27 pohon tersebut berjenis Pinus dan Damar, yang diameternya antara 35 hingga 75 sentimeter. Sewaktu-waktu pohon itu bisa tumbang, karena sudah lapuk.

Namun, pihaknya tidak bisa melakukan penebangan pohon secara sembarangan sebab wilayahnya merupakan tempat untuk konservasi dan pelestarian alam. Pihaknya sejauh ini sudah mengusulkan kepada pusat untuk diperbolehkan melakukan penebangan ke 27 pohon yang dimaksud.

"27 pohon itu yang terkena wedhus gembel. Karena termasuk konservasi, kita tidak bisa langsung melakukan penebangan," ujarnya, Rabu (20/3/2013).

Mengenai pohon yang batangnya tumbang dan menimpa beberapa kios juga dua orang warga, pihaknya sedang melakukan koodinasi dalam evakuasinya.

Sebagaimana diketahui, pohon karet berusia sekitar seratus tahun, batangnya tumbang pada siang tadi. Pohon tersebut berada di kawasan TNGM, tepatnya berada di dekat pintu masuk Taman Plawangan, Turgo (kehutanan) Tlogo Putri, Kaliurang, Pakem, Sleman.

"Itu milik TNGM, kita lakukan koordinasi untuk evakuasinya," tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1169 seconds (0.1#10.140)