Ketika Keraton Sambaliung di Berau Belajar Bahasa Inggris

loading...
Ketika Keraton Sambaliung di Berau Belajar Bahasa Inggris
Ketika Keraton Sambaliung di Berau Belajar Bahasa Inggris
BERAU - Ada pemandangan tak biasa dari keseharian Keraton Sambaliung yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Keraton milik Kesultanan Sambaliung ini kini dihiasi dengan aktivitas belajar Bahasa Inggris. (Baca: We Love Bali Movement Kembalikan Citra Pariwisata Pulau Dewata)

Pengelola keraton bersama warga sekitar yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mengikuti kursis Bahasa Inggris. Tentu saja, tujuannya agar wisatawan asing yang datang ke kabupaten ini bisa ikut mengenal budaya setempat.

Kesultanan Sambaliung yang berdiri pada tahun 1810 memang masih menyimpan jejak sejarah sangat baik. Keraton Sambaliung yang kini dijadikan museum pada Tahun 1959 ini masih meninggalkan banyak peninggalan yang bernilai sejarah sangat tinggi.

Kabupaten Berau sendiri tak pernah kehabisan wisatawan. Sebab, kabupaten paling utara dari Provinsi Kaltim ini punya wisata bahari seperti Kepulauan Derawan.



Peninggalan budaya dan sejarah di Kabupaten Berau, bisa menjadi alternatif wisata selain wisata bahari. Potensi itu tentu akan semakin berkembang seiring kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris pihak keraton sendiri dan warga sekitarnya.

Pemangku Adat Kesultanan Sambaliung, Datu Amir, menyambut baik pelatihan Bahasa Inggris untuk pengurus keraton. Hal ini bisa menjadi contoh yang baik, dalam peningkatan pariwisata di Keraton Sambaliung.

“Karena banyak sekali budaya dan sejarah yang perlu digali dan diketahui oleh masyarakat Berau dan masyarakat luar,” kata Datu Amir, Sabtu (21/03/2020).



Apalagi bantuan pihak lain dalam upaya pengembangan wisata sejarah dan budaya sangat membantu pengembangan Keraton Sambaliung. Datu Amir menyebut, pihaknya saat ini memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Berau Coal untuk pengembangan kemampuan berbahasa Inggris ini.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top