AMPLS Gelar Aksi Damai Tolak Limbah PT. Arwana Sawit Lestari

Senin, 15 Juli 2019 - 19:16 WIB
AMPLS Gelar Aksi Damai Tolak Limbah PT. Arwana Sawit Lestari
AMPLS Gelar Aksi Damai Tolak Limbah PT. Arwana Sawit Lestari
A A A
PASANGKAYU - Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan Sarudu (AMPLS) menggelar aksi damai menolak Limbah PT. Arwana Sawit Lestari yang terletak di Dusun Kuma Desa Sarudu, Kecamatan Sarudu, Kabupaten Pasangkayu, Senin (15/7/2019).

Sebanyak 65 Personil Polres Utara dan jajaran mengawal dan mengamankan aksi damai AMPLS di kantor PT.Arwana Sawit Lestari. Ketua AMPLS M. Riad, menjelaskan, aksi ini dilakukan terkait pencemaran limbah yang dihasilkan PT.Arwana Sawit Lestari. "Aliansi Masyarakat Sarudu terbentuk dikarenakan dampak dari pencemaran limbah yang meresahkan masyarakat," tegasnya.

Aksi damai dimulai pukul 09.30 Wita dengan berkumpul di Pasar Sempo Kec.Sarudu dan bergerak ke PT.Awana Sawit Lestari. Aksi melibatkan M.Riad (Ketua Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan Sarudu) dan Kepala Dusun Sempo Utara Safruddin bertindak sebagai koordinator lapangan dalam aksi tersebut, serta Abd.Somat yang membawa alat peraga aksi berupa bendera, spanduk dan soundsistem dan petaka.

M. Riad Korlap menjelaskan, sudah dua bulan AMPLS melaksanakan tatap muka dengan manager PT Awana Lestari, namun tidak ada kejelasan. "Yang kami terima terkait limbah PT. Awana Sawit Lestari, sehingga hari ini kita berharap bagaimana kita mencari solusi dalam menangani pencemaran limbah yang meresahkan masyarakat dan melakukan diskusi secara bersama-sama."

Pada kesempatan yang sama, Manager PT.Awana Sawit Lestari Suroso menemui masyarakat yang tergabung dalam AMPLS dan menyampaikan bahwa pihaknya akan mengusahakan dalam jangka waktu dekat ini untuk berkoordinasi dengan pihak lingkungan hidup dan perijinan kapan bisa dilaksanakan tatap muka dengan masyarakat Sarudu yang merasa resah terkait limbah PT. Awana Lestari.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Mamuju Utara AKP Iswan Mulyanto yang didampingi oleh Kapolsek Sarudu Akp Yohanis SH mengatakan, dirinya berterima kasih kepada masyarakat yang terlibat atau ikut serta dalam aksi damai, Aliansi Masyarakat Peduli Pemerhati Lingkungan Sarudu yang telah melaksanakan aksinya dengan tertib.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3705 seconds (0.1#10.140)