Wali Kota Makassar Danny Pomanto Cek Persiapan Pengamanan F8

Selasa, 05 September 2017 - 23:01 WIB
Wali Kota Makassar Danny...
Wali Kota Makassar Danny Pomanto Cek Persiapan Pengamanan F8
A A A
MAKASSAR - Sehari menjelang Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 yang digelar mulai Rabu, 6 September 2017, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto mengecek seluruh kesiapan panitia penyelenggara kegiatan. Kesiapan tersebut meliputi personel keamanan dan penertiban arus lalu lintas yang juga melibatkan aparat Kepolisian dan TNI.

Untuk pengamanan event F8 yang digelar selama lima hari ke depan hingga Minggu 10 September 2017 mendatang, jumlah personel yang disiapkan kurang lebih 2.000 orang, termasuk Satpol PP dan Dinas Perhubungan Makassar. “Untuk menyambut banyak tamu dari luar dan masyarakat Makassar, keamanan kegiatan sangat perlu. Kita tidak pernah main-main soal ini karena ini merupakan dasar keberhasilan kegiatan,” ujar Danny Pomanto saat apel pengamanan di pelataran Anjungan Pantai Losari, Makassar, Selasa (5/9/2017).

Apalagi, kata dia, F8 merupakan salah satu event terbaik yang telah berhasil masuk dalam daftar kalender pariwisata Kementerian Pariwisata. Perhelatan akbar ini nantinya akan rutin digelar setiap tahun. Karena itu, kegiatan ini tentu berdampak besar pada peningkatan promosi budaya dan ekonomi Makassar khususnya. “Tamu-tamu yang datang dengan biaya sendiri, kita suguhkan penampilan terbaik. Makanya keamanan perlu dan harus ketat,” pungkas Danny Pomanto.

Sementara Kepala Bagian Operasi Polrestabes Makassar AKBP Syamsu Ridwan menerangkan, sedikitnya ada 2.000 personel gabungan yang bakal diterjunkan pada pengamanan F8. Mereka bertugas menjamin pengamanan dan kelancaran lalu lintas selama F8 yang berpusat di Anjungan Pantai Losari. “Namun khusus tamu asing, sudah kami siapkan 95 personel untuk melakukan pengawalan khusus. Langkah itu dilakukan untuk menjamin tamu asing yang berkunjung di Makassar menikmati festival dan kenyamanan di Kota Daeng,” kata Syamsu.

Setelah menggelar apel bersama, Wali Kota Makassar Danny Pomanto bertolak ke Lapangan Udara (Lanud) TNI AU Hasanuddin menjemput tujuh unit pesawat Jupiter Aerobatic dan tiga unit pesawat tempur Sukhoi. Diketahui 10 unit pesawat ini akan menggelar atraksi di langit Makassar untuk mengawali pembukaan F8 pada Rabu 6 September sore dengan durasi waktu tujuh menit. Atraksi pesawat ini disertai pula dengan atraksi terjun payung oleh personel TNI AU.

“Kita sangat bersyukur pesawat Jupiter bersama Sukhoi akan tampil di pembukaan F8 melakukan manuver di udara, aerobatic. Pertunjukan semacam ini biasanya ditampilkan di berbagai event dunia seperti F1,” kata Danny.

Sementara Pangkoopsau II Marsda TNI Yadi Indrayadi Sutanandika mengatakan manuver udara 10 unit pesawat akan menampilkan atraksi dengan tujuh formasi. Tim Jupiter Aerobatic dipimpin oleh Komandan Wingdikter, Kolonel Penerbang Bonang Gautama. Sementara ketujuh pilot penerbang pesawat Jupiter adalah instruktur penerbang pesawat latih milik TNI AU. “Besok akan ada formasi tango to diamond, hearts, leader, benefit roll back, dan manuver lainnya,” katanya.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9359 seconds (0.1#10.140)