Makassar Jajaki Kerja Sama Lintas Kota Dalam dan Luar Negeri di F8

Senin, 04 September 2017 - 22:00 WIB
Makassar Jajaki Kerja Sama Lintas Kota Dalam dan Luar Negeri di F8
Makassar Jajaki Kerja Sama Lintas Kota Dalam dan Luar Negeri di F8
A A A
MAKASSAR - Kegiatan Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 akan menjadi saksi sejarah bagi pemerintah dan masyarakat kota berjuluk anging mammiri itu. Pada forum yang berlangsung Kamis, 6 September-Minggu, 10 September 2017 nanti, Pemkot Makassar bakal menandatangi kontrak kerja sama dengan beberapa kota se-Indonesia dan kota lainnya di belahan dunia.

“Agenda rencananya akan berlangsung pukul 15.00 Wita tanggal 6 sebelum pembukaan F8 di Hotel Aryaduta. Ini masih tentatif,” kata Kepala Subbagian Kerja Sama Antardaerah/Lembaga Bagian Perekonomian dan Kerja Sama Sekretariat Pemkot Makassar, Najiran Syamsuddin, Senin (4/9/2017).

Rencananya Pemkot Makassar akan menandatangani kerja sama sister city dengan kota di Korea Selatan, Taiwan, dan Perancis. Sementara kerja sama lintas perkotaan dalam negeri, yakni dengan Kota Tual, Yogyakarta, dan Solo. Kerja sama akan ditandatangani masing-masing kepala daerah yang juga disaksikan perwakilan kota dan negara. “Pak wali kota nanti langsung tanda tangan bersama kepala daerah dari kabupaten/kota. Untuk kota di luar negeri juga ditandatangani wali kotanya,” ujar Najiran.

Dia menjelaskan, kerja sama dengan kota luar negeri dan dalam negeri berbentuk investasi dan pengembangan potensi wilayah di bidang-bidang tertentu. Misalnya kerja sama dengan Korea Selatan di bidang smart city, Taiwan di bidang perdagangan, Perancis terkait dengan keamanan kota. Sementara dengan Kota Tual, Pemkot Makassar menjajaki kerja sama smart city, Yogyakarta di bidang budaya, dan Solo di bidang perdagangan. ”Semua dirangkum dalam kerja sama lintas perkotaan,” ujar Najiran.

Kepala Bagian Perekonomian dan Kerja Sama Sekretariat Pemkot Makassar, Sukri Hasanuddin sebelumnya mengatakan, rencana kerja sama sister city membidik beberapa kota di luar negeri lainnya seperti Gothenburg Swedia, Incheon Korea Selatan, serta Cape Town Afrika Selatan. Untuk lintas perkotaan dalam negeri, direncanakan bekerja sama dengan Palu, Palembang, Kendari, Bandung, dan Denpasar.

Kota Makassar selama ini telah menjalin kerja sama dengan International Enterprise (IE) Singapore di bidang smart city, ENGIE Ineo France di bidang smart city security, University of Cambridge di bidang sertifikasi murid dan guru untuk bidang studi bahasa Inggris, juga bersama Temasek, Singapura di bidang pelatihan.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4769 seconds (0.1#10.140)