Sebut Warga Baubau Budak, Kantor Satpol PP Diserbu

Senin, 02 Maret 2015 - 14:33 WIB
Sebut Warga Baubau Budak, Kantor Satpol PP Diserbu
Sebut Warga Baubau Budak, Kantor Satpol PP Diserbu
A A A
KOTA BAUBAU - Warga Kelurahan Lipu-Katobengke, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), terlibat bentrok dengan aparat keamanan. Bentrokan diduga dipicu oleh perkataan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang menyakiti perasaan warga.

Warga tidak terima disebut "budak" oleh anggota Satpol PP dan langsung melakukan penyerangan ke kantor Satpol PP Kota Baubau, dan melemparinya dengan batu.

Aparat kepolisian yang mengetahui serangan warga ini langsung membubarkan warga dengan paksa. Bentrokan antara warga dan polisi pun tak terhindarkan.

Untuk membubarkan warga, polisi mengeluarkan tembakan peringatan, dan gas air mata ke arah warga. Aksi saling kejar disertai bunyi tembakan pun mewarnai bentrokan yang terjadi di depan kantor Satpol PP Kota Baubau.

Sebelum jatuh korban jiwa, pihak kepolisian dari Polres Baubau berhasil menguasai situasi dengan menangkapi sejumlah warga yang dianggap sebagai provokator.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, bentrok antara warga Kelurahan Lipu-Katobengke, dengan polisi dan Satpol PP Baubau terjadi akibat pernyataan anggota Satpol PP yang menyebut warga Kota Baubau sebagai "budak".

Warga yang tidak menerima pernyataan tersebut, langsung menggalang massa dan mendatangi kantor Satpol PP Baubau, lalu menyerangnya dengan melimpari kantor tersebut batu.

Polisi yang mengetahui akan terjadinya serangan langsung warga mengamankan kantor Satpol PP dan menghadang massa. Namun, warga yang telanjur emosi melempari kantor dengan batu, hingga akhirnya bentrokan terjadi.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6842 seconds (0.1#10.140)